Rusia: QUAD dan AUKUS sedang mengubah sistem keamanan kawasan menjadi Amerika-sentris

Rusia_ QUAD dan AUKUS menjadi Amerika-Sentris_ Airspace Review (1)Istrimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW – Menteri Pertahanan Federasi Rusia Sergey Shoigu mengatakan, struktur militer dan politik di kawasan Asia-Pasifik, seperti QUAD dan AUKUS, sedang mencoba mengubah sistem keamanan di kawasan ini menjadi sistem yang berpusat pada AS.

Hal itu dikatakan Shoigu pada pertemuan para menteri pertahanan SCO di Astana, Kazakhstan seperti diberitakan TASS.

“Untuk kawasan Asia-Pasifik, di sini juga kita melihat upaya sistematis untuk memformat ulang sistem keamanan regional dari ASEAN-sentris menjadi Amerika-sentris. Hal ini dilakukan dengan memperkuat struktur politik-militer yang berorientasi Washington seperti QUAD, AUKUS dan the Triad AS-Jepang-Filipina,” ujar Shoigu.

Ia menambahkan, faktor Taiwan secara aktif digunakan untuk meningkatkan tekanan terhadap Tiongkok.

Quad, yang terdiri dari Amerika Serikat, Australia, India, dan Jepang merupakan aliansi nonformal yang mengintensifkan hubungan mereka dalam hal keamanan dan ekonomi seiring dengan meningkatnya ketegangan dengan Tiongkok.

Quad, yang secara resmi disebut Dialog Keamanan Segi Empat, menekankan beragam kerja sama, termasuk kerja sama maritim di antara negara-negara tersebut usai tsunami Samudera Hindia pada tahun 2004.

Namun saat ini negara-negara tersebut —yang merupakan negara demokrasi dan perekonomiannya dinamis— bekerja dalam agenda yang lebih luas termasuk mengatasi masalah keamanan, ekonomi, dan kesehatan.

Selama bertahun-tahun, diplomasi Quad telah naik dan turun. Ini adalah pengelompokan yang longgar dan bukan aliansi formal.

Jepang pada awalnya menekankan identitas demokratis keempat negara tersebut, sedangkan India tampaknya lebih nyaman menekankan kerja sama fungsional. Para pemimpin Australia selama ini enggan memberikan kesan bahwa kelompok tersebut merupakan aliansi formal.

Sementara AUKUS adalah kemitraan keamanan trilateral untuk kawasan Indo-Pasifik antara Australia, Inggris, dan Amerika Serikat. Kemitraan yang diumumkan pada 15 September 2021 ini bermaksud, salah satunya, membantu Australia dalam memperoleh kapal selam bertenaga nuklir.

Kemitraan tiga negara ini juga mencakup kerja sama dalam mekanisme siber tingkat lanjut, kecerdasan buatan dan otonomi, teknologi kuantum, kemampuan bawah laut, hipersonik dan kontra-hipersonik, peperangan elektronik, inovasi dan berbagi informasi. (RNS)

One Reply to “Rusia: QUAD dan AUKUS sedang mengubah sistem keamanan kawasan menjadi Amerika-sentris”

  1. Aktivitas China dikawasan yang memaksa regional merapat ke AS. Disisi lain dalam menghadapi China, negara netral di Asia Pasifik sukar beralih ke Russia karena Russia sangat pasif dan hanya fokus ke jual beli alutsista, akibatnya tidak ada pilihan selain condong ke AS yang lebih aktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *