Untuk Area Jabodetabek, AP II Sukses Layani 70 Juta Penumpang

bandaraFery Setiawan

ANGKASAREVIEW.COM – Sepanjang 2017, PT Angkasa Pura II (AP II) melalui dua bandaranya yang berada di wilayah Jabodetabek telah sukses melayani 70 juta penumpang. Berdasarkan catatan perusahaan, Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah berhasil melayani 63 juta penumpang dan Bandara Internasional Halim Perdanakusuma sukses melayani 7 juta penumpang.

President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengungkapkan bahwa pencapaian Bandara Internasional Soekarno-Hatta tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa. “Karena dari total kurang lebih 50 juta penduduk Jabodetabek, dapat kami layani tidak hanya di bandara utama kami Soekarno-Hatta, tetapi juga di bandara Halim Perdanakusuma yang mencapai 7 juta penumpang,” ujar Awaluddin, Selasa (9/1/2018).

63 juta penumpang yang dilayani Bandara Internasional Soekarno-hatta terdiri dari 14,718 juta penumpang rute internasional dan 48,295 juta penumpang rute domestik.

Menurut Awaluddin, pencapaian tersebut tidak terlepas dari kerja keras insan Angkasa Pura II yang berkomitmen untuk terus melakukan peningkatan pelayanan di bandara-bandara AP II.

Baca Juga: Cetak Sejarah! Sepanjang 2017 AP II Tembus Layani 100 Juta Penumpang

“Hal ini mendorong kami untuk terus berinovasi serta meningkatkan fasilitas yang ada di bandara kami. Seperti adanya kereta layang di Bandara Soekarno-Hatta untuk melayani perpindahan penumpang antar terminal,” imbuh Awaluddin.

Awaludin juga mengungkapkan bahwa penyelenggaraan angkutan natal dan tahun baru (nataru) yang berlangsung sejak 18 Desember 2017 hingga 8 Januari 2018 di bandara-bandara yang dikelola Angkasa Pura II berjalan lancar.

Tercatat jumlah penumpang pesawat yang ada di 13 bandara Angkasa Pura II mengalami peningkatan 9%, yakni dari 6,7 juta penumpang menjadi 7,3 Juta penumpang. Sedangkan pergerakan pesawat mengalami peningkatan sebesar 8%, dari 47.700 pergerakan menjadi 51.600 pergerakan pesawat.

Saat arus puncak libur nataru yang terjadi pada tanggal 22 Desember 2017, tercatat jumlah pergerakan penumpang 371.400. Sedangkan pada puncak arus balik libur nataru pada 2 Januari 2018 lalu, jumlah pergerakan mencapai 334.525.

Baca Juga: Pengelolaan Bandara Blimbingsari Resmi Dialihkan ke AP II

Top 5 Destination dalam angkutan nataru 2017/2018 untuk domestik adalah Denpasar, Surabaya, Kualanamu, Makasar, dan Yogyakarta. Sedangkan untuk destinasi internasional adalah Singapura, Kuala Lumpur, Jeddah, Hongkong dan Bangkok.

Tiga Bandara yang mempunyai pertumbuhan terbesar saat nataru tahun ini adalah Bandara Silangit sebesar 50%, Tanjung Pinang sebesar 45% dan Pontianak sebesar 25%.

“Kami berharap, di musim liburan natal dan tahun baru berikutnya kami dapat terus memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat,” ungkap Awaluddin.

Selama angkutan nataru 2017/2018, jumlah penumpang terbanyak terdapat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan 4,26 juta penumpang. Kemudian diikuti oleh Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, sebanyak 740.500 penumpang, dan Bandara Internasional Halim Perdanakusuma sebanyak 482.500 penumpang. FERY SETIAWAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *