Bertambah satu lagi, AL India kini punya 12 P-8I Poseidon

P-8I Poseidon milik AL IndiaBoeing

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Laut India (IN) telah mendapatkan tambahan satu unit pesawat patroli maritim P-8I Poseidon sehingga armada yang dimiliki kini berjumlah 12 unit.

Pesawat diterima dari Boeing setelah pengiriman ke India pada 19 Februari 2022 lalu.

P-8I ke-12 merupakan pesawat terakhir dari empat unit tambahan berdasarkan perjanjian opsi yang ditandatangani Kementerian Pertahanan India pada 2016.

Di IN, P-8I merupakan unsur kekuatan armada angkatan laut. Armada P-8I India telah membukukan lebih dari 35.000 jam terbang sejak dioperasikan oleh IN pada 2013.

Pesawat, dengan kemampuan pengawasan dan pengintaian maritim ini juga memiliki kemampuan perang antikapal selam.

Misi lainnya yang dapat diemban adalah melaksanakan misi bantuan bencana dan kemanusiaan.

Angkatan Laut India merupakan pelanggan internasional pertama dari P-8.

Pesawat ini telah digunakan oleh Angkatan Laut AS, Angkatan Udara Australia, Angkatan Udara Kerajaan Inggris, dan Angkatan Udara Kerajaan Norwegia.

Boeing Defense India (BDI) sebagai entitas lokal di Negeri Bollywood, mendukung armada P-8I India dengan memberikan pelatihan awak pesawat Angkatan Laut India, menyediakan suku cadang, peralatan pendukung darat, dan dukungan dari layanan lapangan.

Dikatakan, dukungan logistik terintegrasi Boeing memungkinkan kesiapan armada yang tinggi dengan biaya serendah mungkin.

P-8I dilengkapi berbagai perangkat kompleks dan penting seperti sistem pemindai radar, IFF (I/T) dan datalink, sistem kerahasiaan percakapan, sistem komunikasi satelit, dan lainnya.

Berbagai komponen P-8I diproduksi di India oleh pemasok mitra, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang tersebar di seluruh negeri itu.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *