F-22 Angkatan Udara AS kembali mengalami masalah nose gear, tersungkur di Pangkalan Udara Kadena

Nose Gear F-22 kolaps di Kadena ABIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW – Baru-baru ini beredar gambar hasil tangkapan layar dari video yang diunggah ke YouTube oleh Okinawa TV, menunjukkan sebuah jet tempur siluman F-22 Raptor Angkatan Udara AS terlihat hidung pesawat tertunduk di landasan pacu pada 11 April 2024.

Gambar yang beredar viral secara online tersebut menunjukkan jet F-22 tersebut berada di pangkalan militer AS di Jepang.

Menurut saksi mata dan laporan Okinawa TV, sekitar pukul 10.30 waktu setempat, pesawat mengalami keadaan darurat di landasan.

Sepertinya roda hidung (nose gear) pesawat tersebut roboh saat pesawat ditarik keluar dari landasan pacu dengan mesin dimatikan, lapor The Aviationist (12/4).

Masalah nose gear pada F-22 bukanlah yang pertama. Pada Maret 2022, F-22 yang lain mengalami hal serupa di Pangkalan Angkatan Udara Eglin, Florida, AS.

Satu tahun sebelumnya, pada 15 Maret 2021, sebuah F-22 yang ditugaskan di 325th Fighter Wing, mengalami kecelakaan darat di jalur penerbangan di Eglin AFB, Florida, AS.

F-22 tersebut mengalami keadaan darurat dalam penerbangan dan mendarat dengan selamat tetapi mengalami kerusakan pada roda hidung di landasan pacu.

Tak hanya F-22, produk lainnya dari Lockheed Martin yakni F-35 Lightning ll juga beberapa kali pernah mengalami masalah pada nose gear-nya. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *