Tentara Ukraina menggunakan truk tanker kelas berat HEMTT M978 buatan AS untuk logistik medan perang

Truk M978 HEMTT Ukraina buatan Amerika SerikatIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW – Angkatan Bersenjata Ukraina diberitakan telah menerima truk tanker M978 HEMTT (Heavy Expanded Mobility Tactical Truck) buatan Amerika Serikat untuk mengangkut bahan bakar atau air di medan perang.

Namun hingga kini belum ada konfirmasi resmi terkait pengiriman truk jenis tersebut dari Amerika Serikat ke Ukraina.

Mengenai M978 merupakan varian dari seri HEMTT yang dirancang khusus sebagai truk layanan bahan bakar atau biasa disebut tanker.

Seri HEMTT yang dikembangkan oleh Oshkosh Defense ini adalah rangkaian truk off-road berpenggerak 8×8, yang banyak digunakan oleh militer AS untuk berbagai peran logistik dan dukungan di lapangan.

Khusus Varian M978 tanker dilengkapi dengan tangki berukuran besar di bagian belakang, berkapasitas kurang lebih 2.500 galon (sekitar 9.500 liter), sehingga memungkinkan untuk mengisi bahan bakar kendaraan militer di lapangan.

Kemampuan ini sangat penting untuk mempertahankan operasi militer dengan memastikan bahwa kendaraan dan peralatan lain yang bergantung pada bahan bakar tetap beroperasi tanpa perlu kembali ke pangkalan/markas untuk mengisi bahan bakar.

Selain peran utamanya sebagai tanker bahan bakar, M978 dilengkapi dengan pompa dan gulungan selang yang dapat ditarik untuk memudahkan pemindahan bahan bakar.

Dapat juga berfungsi dalam kapasitas terbatas untuk mendistribusikan air atau cairan lainnya, tergantung kebutuhan operasional.

Truk ini dirancang untuk beroperasi di berbagai lingkungan, mulai dari kondisi gurun hingga kutub, menjadikannya aset serbaguna dalam armada logistik militer Amerika Serikat.

Sebagai tenaga penggeraknya, HEMTT M978 dilengkapi mesin diesel Caterpillar (CAT) C15 kapasitas 15.000 cc. Memiliki kapasitas bahan bakar 587 liter, yang mendukung jangkauan operasional hingga 483 km.

Kendaraan dapat mencapai kecepatan jalan maksimum 100 km/jam di permukaan jalan datar dan keras, memungkinkan penyebaran dan reposisi dengan cepat. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *