Improvisasi lapangan, Ukraina menempatkan senjata antipesawat KS-19 era Uni Soviet di truk MAN 8X8

KS-19 di atas MAN 8X8Istimewa
ROE

KOMANDO Angkatan Bersenjata Ukraina baru-baru ini merilis sebuah foto yang menampilkan sistem artileri buatan sendiri yang terlihat tak biasa. Apa yang membuat model ini unik adalah penggunaan kembali senjata antipesawat KS-19 lama era Uni Soviet, yang dipasang pada bagian belakang truk militer MAN KAT 1 464 LKW 8X8 buatan Jerman.

Perlu dicatat bahwa ini bukanlah upaya pertama Ukraina dalam menciptakan kombinasi yang tidak biasa.

Boeing_contoh2

Pada Agustus tahun 2023 sebelumnya, beredar foto senjata antipesawat KS-19 dipasang pada truk militer Tatra 815 VPR29 buatan Ceko dengan kabin tanpa lapis baja. Kendaraan inventif ini adalah hasil karya Brigade Pertahanan Teritorial Independen ke-241.

Yuk kita tengok kebolehan sistem senjata jadul KS-19 yang masih diandalkan dalam pertempuran modern saat ini.

Berasal dari senjata angkatan laut B-34, KS-19 adalah senjata antipesawat kaliber 100 mm yang tangguh. Senjata ini telah battle proven, digunakan dalam Perang Korea tahun 1947.

Untuk mengoperasikannya, diperlukan koordinasi hingga 15 tentara, yang biasanya menumpang kendaraan derek atau gerobak amunisi untuk mencapai titik yang dituju. Ketika dioperasikan oleh kru yang terampil, senjata khusus ini dapat menghasilkan 15 putaran per menit.

Memiliki kaliber yang luar biasa besar, KS-19 dapat dengan mudah diubah menjadi senjata artileri standar. Menembak dalam posisi horizontal menggasak target darat, jangkauannya diperkirakan mencapai 21 km.

Namun jarak tersebut berkurang menjadi 12,7 hingga 15 km ketika KS-19 digunakan menembak secara vertikal.

Biar tua, sistem KS-19 ini masih dapat diandalkan untuk menembak wahana terbang tidak terlalu cepat, seperti pesawat angkut, helikopter, ataupun drone.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *