Konvoi truk yang membawa jet tempur MiG-29 terlihat melintasi jalan raya di Polandia menuju Ukraina

Truk membwa MiG-29 dari Polandia ke Ukraina_ Airspace Review (1)Telegram
ROE

SETELAH melewati masa dua tahun pada 24 Februari 2024, perang antara Rusia dan Ukraina terus berkecamuk di wilayah negara Ukraina. Walau banyak diberitakan pasukan Ukraina mulai terdesak di beberapa wilayah, bantuan militer terhadap Kyiv terus mengalir dari berbagai negara pendukung.

Tidak hanya alutsista baru, alutsista lama yang masih dapat digunakan pun dikirimkan ke Ukraina guna menambah daya gedor pasukan Kyiv melawan pasukan Moskow.

Boeing_contoh2

Dalam serangkaian video yang baru-baru ini beredar di dunia maya, muncul penampakan konvoi truk yang mengangkut jet tempur MiG-29 sedang melintasi jalan raya di Polandia dengan tujuan ke Ukraina.

Sebuah pesawat MiG-29 terlihat difilmkan oleh penduduk setempat menggunakan ponsel sedang diangkut menggunakan truk.

Dari visual dalam video tersebut, terlihat bahwa cuaca sedang buruk. Terdapat genangan air di jalan raya dan tetesan air hujan yang menempel sampul ponsel sang pemilik.

Jika dilihat lebih dekat, terlihat bahwa muatan truk itu jet tempur MiG-29. Menariknya, pesawat tersebut tidak memiliki tanda apa pun. Tidak adanya warna kuning-biru yang biasa terlihat membuat banyak orang berspekulasi bahwa jet tersebut sedang dalam perjalanan ke Ukraina.

Meskipun dugaan merajalela, asumsi populer adalah bahwa jet tersebut menuju ke Ukraina. Teori ini didukung oleh fakta bahwa jalan raya yang difilmkan berada di dekat perbatasan Polandia-Ukraina, tulis Bulgarian Military.

Sebelumnya pada Maret 2022, Polandia menyatakan akan memberikan dukungan pesawat ke Ukraina. Sumber mengungkapkan bahwa Polandia kemudian membongkar sekitar selusin pesawat MiG-29 milik Angkatan Udaranya.

Komponen-komponen yang telah dibongkar kemudian ditempatkan secara strategis di sepanjang wilayah perbatasan untuk dikirim ke Ukraina pada waktu yang tepat.

Pengungkapan baru ini menunjukkan bahwa pada awal musim semi 2022, Polandia secara diam-diam telah memasok pesawat tempur ke Ukraina.

Penelusuran lebih mendalam terhadap informasi lain yang tersedia untuk umum mengungkapkan bahwa Warsawa pada dasarnya memberi hadiah kepada Kyiv berupa suku cadang pesawat. Komponen-komponen ini berperan penting dalam menghidupkan beberapa MiG-29 untuk dapat diterbangkan.

Menurut Military Balance 2023, Polandia memiliki sekira 28 MiG-29, termasuk enam pesawat yang dirancang khusus untuk pelatihan tempur. Menariknya, data tersebut tetap tidak berubah antara tahun 2021 dan 2023. Hal ini menunjukkan tidak ada catatan mengenai MiG-29 yang meninggalkan Angkatan Udara Polandia.

Belum jelas komponen-komponen MiG-29 apa saja yang disumbangkan Polandia ke Ukraina. Bisa seluruh komponen, namun ada juga yang menduga bahwa komponen avionik tidak diberikan.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *