Penampakan langka Cage Armor berukuran besar pada tank T-72 Rusia di Ukraina

Cage Armor T-72 RusiaIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW – Viral di platform media sosial baru-baru ini mengenai penampakan tank tempur utama Rusia T-72 yang dibungkus cage armor berukuran besar di sebuah wilayah di Ukraina.

Dijuluki sebagai “Iron Mess” tank tersebut dilengkapi dengan struktur kisi-kisi logam yang dipasang di sekitar bagian tank yang paling rentan seperti turret dan badan utama sehingga menutupi tank secara keseluruhan.

Fungsi utamanya adalah untuk meledakkan hulu ledak rudal antitank jenis hollow-charge sebelum waktunya atau mencegat berbagai drone kamikaze sehingga mengurangi kemampuannya untuk menembus lapisan pelindung utama tank.

Adaptasi yang terlihat dalam foto tersebut melampaui peningkatan biasa armor cage model sebelumnya dan membentuk baju besi sangkar super.

Namun demikian, modifikasi ini memiliki beberapa kelemahan yang signifikan. Yang paling jelas adalah hilangnya mobilitas turret yang menyebabkan salah satu fitur tempur utama tank menjadi tidak efektif.

Selain itu, sangkar baja ini menambah bobot yang cukup besar pada T-72 dan membatasi penggunaan snorkelnya sehingga mengurangi kemampuan amfibinya. Hal ini juga mencegah pengoperasian peluncur granat asap yang selanjutnya mengurangi kemampuan pertahanan tank.

Namun demikian, setidaknya perlindungan super ini akan meningkatkan keselamatan awak tank selama misi tempurnya, terutama dari serangan drone kamikaze dan rudal antitank. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *