Pesawat KC-130J Korps Marinir AS membawa pulang F-5 bekas pakai Angkatan Udara Swiss

F-5 bekas AU Swiss tiba di ASNAVAIR
ROE

AIRSPACE REVIEW – Pesawat pertama dari 22 pesawat F-5E/F Tiger II bekas Angkatan Udara Swiss yang dibeli Amerika Serikat dipulangkan oleh Korps Marinir AS (USMC) menggunakan pesawat KC-130J. Pesawat tiba di fasilitas dukungan udara taktis Lapangan Cecil, di Jacksonville, Florida pada 21 Maret lalu.

Kedatangan pesawat F-5 pertama tersebut merupakan bagian dari program ARTEMIS (Avionics Reconfiguration and Tactical/Modernization for Inventory Standardization) tahap kedua. Jet yang dibongkar sebagian itu dibawa oleh KC-130J dari Skuadron Transportasi Pengisian Bahan Bakar Udara Laut (VMGR) 234 dari Pangkalan Udara Emmen di Swiss.

“Tonggak sejarah ini adalah puncak dari upaya rekayasa dan pemeliharaan selama beberapa bulan yang dilakukan oleh tim Dukungan Udara Taktis dalam koordinasi erat dengan pemangku kepentingan Angkatan Laut dan Korps Marinir,” kata Kapten Greg Sutton, Manajer Program di Kantor Program Pesawat Khusus dan Terbukti ( PMA-226) dalam rilis NAVAIR.

Ditambahkan, perluasan program F-5 ini memastikan keberhasilan masa depan dalam pelatihan penerbang Angkatan Laut dan Korps Marinir AS.

Pada tahun 2020, Angkatan Laut AS dan Pemerintah Swiss menandatangani perjanjian untuk memulangkan 22 pesawat F-5 Angkatan Udara Swiss ke armada Musuh (Agresor) Angkatan Laut dan Korps Marinir AS.

Dalam Program ARTEMIS tersebut, subkontraktor Tactical Air Support dan RUAG yang berlokasi di Emmen, Swiss melaksanakan program tahap pertama dengan inspeksi, pemeliharaan, penggantian komponen struktural serta modifikasi dan perombakan mesin pesawat.

Setelah menyelesaikan fase ini, pesawat dipindahkan ke fasilitas Dukungan Udara Taktis untuk memulai fase 2. Inspeksi, pemeliharaan, dan perbaikan pesawat dilanjutkan sambil mengintegrasikan kokpit kaca baru, avionik modern, dan modifikasi keselamatan lainnya. Pesawat hasil pembaruan blok ini telah diuji pada tahun 2021.

Pesawat F-5 yang menerima modifikasi prototipe peningkatan blok diberi nama F-5N+/F+. Potensi risiko hilangnya pilot dan/atau pesawat terbang akan dikurangi dengan penambahan instrumentasi yang diperlukan yang memberikan peringatan udara-ke-darat, perlindungan cuaca buruk, dan peringatan ketinggian bahan bakar. Pembaruan ini juga akan menambah kemampuan taktis yang dirancang untuk meningkatkan pelatihan udara-ke-udara pasukan “Sahabat”.

Penyelesaian dan pengiriman program ini dijadawalkan berakhir pada tahun 2028 dengan menambah pesawat “Agresor” F-5 ke dalam inventaris Angkatan Laut dan Korps Marinir yang ada.

Penjualan tersebut, yang mencakup 16 varian F-5E satu kursi dan 6 varian F-5F dua kursi. Ini adalah babak terbaru dalam pensiunnya Tiger Angkatan Udara Swiss yang dioperasikan sejak 1970-an dan 1980-an. Sebanyak 44 jet F-5 sebelumnya telah dijual ke Angkatan Laut AS pada tahun 2008.

Jet-jet sebelumnya, awalnya digunakan oleh Angkatan Udara Swiss untuk tugas pertahanan udara, sekarang digunakan oleh Angkatan Laut AS sebagai pesawat musuh. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *