Angkatan Udara Swiss akan pensiunkan seluruh F-5-nya pada tahun 2027, tim aerobatik Patrouille Suisse mungkin tamat

Patrouille SuissePatrouille Suisse

AIRSPACE REVIEW – Departemen Pertahanan Federal, Perlindungan Sipil dan Olahraga (VBS) dari Kementerian Pertahanan Swiss mengeluarkan maklumat akan menghentikan operasional seluruh pesawat F-5 Tiger II Angkatan Udara Swiss pada akhir tahun 2027.

Dengan tidak adanya lagi armada F-5 di Angkatan Udara Swiss berarti keberadaan tim aerobatik Patrouille Swiss juga kemungkinan akan tamat.

“Kementerian Pertahanan bermaksud menghentikan operasi F-5 Tiger pada akhir tahun 2027,” kata Mayor Jenderal Angkatan Udara Swiss Peter Merz dalam wawancara di televisi publik Swiss, SRF, hari Jumat. “Karena situasi keuangan saat ini, tentara memprioritaskan dananya untuk peralatan baru,” tambahnya.

Keputusan ini berarti akhir dari skuadron aerobatik Patrouille Suisse dalam bentuknya saat ini. “Patrouille Suisse tidak akan bisa lagi menerbangkan pesawat jet jika Tiger menghilang,” ujar Merz.

Lalu seperti apa pertunjukan udara tim Swiss di masa depan masih belum jelas. Menteri Pertahanan Swiss Viola Amherd saat ini sedang mendiskusikan hal ini dengan komisi keamanan, lanjut Merz.

“Salah satu opsi yang mungkin dilakukan adalah mengerahkan tim PC-7 yang sudah ada dengan pesawat berpenggerak baling-baling.”

Pada akhirnya, keputusan apakah F-5 Tiger akan tetap aktif berada di tangan parlemen. Suara-suara kritis telah dikemukakan, seperti yang disampaikan dalam SRF.

Dewan Federal telah mengusulkan kepada Parlemen Swiss pada tahun 2018 agar setengah dari 53 jet F-5 Tiger yang beroperasi pada saat itu dipensiunkan, sementara 26 pesawat sisanya terus digunakan untuk menggantikan jet F/A-18 Hornet dalam tugas sekunder dan untuk tim Patrouille Suisse.

Untuk tahun 2024 sendiri Patrouille Suisse belum memiliki tanggal resmi penampilannya. Tahun ini Patrulle Suisse akan menginjak hari jadinya yang ke-60.

Sementara itu acara udara besar “Airspirit 24” yang dijadwalkan pada tanggal 30 dan 31 Agustus di Emmen telah dibatalkan. Acara ini dalam rangka memperingati ulang tahun tim aerobatik Angkatan Udara Swiss yang diperkirakan akan dihadiri sekitar 80.000 penonton.

Armada F-5E/F Tiger II telah beroperasi di Angkatan Udara Swiss sejak tahun 1978. Produksi pesawat ini dihentikan pada tahun 1989 setelah pengiriman pesawat ke-3.806. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *