Telah Berusia 54 Tahun, Cile Terima P-3A Orion Hasil Modernisasi di Kanada

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Cile telah menerima balik satu dari dua pesawat Lockheed P-3A Orion tipe Maritime Patrol Aircraft (MPA) hasil modernisasi dan perpanjangan usia pakai (Mid-Life Upgrade/MLU) di IMP Aerospace, Kanada. Penyerahan pesawat dilaksanakan pada minggu ini.

Proses pengerjaan modernisasi P-3ACH (varian P-3A Chile) dilaksanakan sejak 2017 melalui proyek Albatros IV dari Angkatan Laut Chile (ACH) senilai 36 juta dolar AS. Kontrak ditandatangani pada 2016.

Pesawat P-3A kedua yang kini masih menjalani proses pengerjaan MLU di fasilitas IMP Aerospace, Halifax, Nova Scotia sejak 2018, akan diserahkan tahun depan.

P-3ACH
Defensa

Mengacu data di laman IMP Aerospace, sejumlah pengerjaan MLU yang dilaksanakan pada P-3ACH antara lain mencakup perubahan sistem avionika di kokpit dari model konvensional ke glass cockpit, penguatan seluruh struktur, pergantian sayap, serta instalasi mesin hasil upgrade.

ACH mengoperasikan empat P-3ACH Orion dimana tiga di antaranya merupakan pesawat MPA, sementara satu lagi sebagai pesawat angkut. Pesawat ditempatkan di Base Aeronaval Torquemada, Concon.

Cile melakukan modernisasi pada dua P-3ACH untuk dapat digunakan hingga 2037. Rencananya, satu P-3ACH MPA lainnya akan menyusul menjalani MLU.

P-3ACH
IMP Aerospace

P-3A milik ACH merupakan pesawat tua yang rata-rata telah berusia 54 tahun alias hasil produksi tahun 1965. ACH sendiri mengoperasikan pesawat ini sejak 1994 atau sudah 25 tahun berjalan.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *