Tak hanya pada F-15EX Eagle II, USAF kini integrasikan EPAWSS pada armada F-15E Strike Eagle mereka

USAF F-15E Strike EagleUSAF

AIRSPACE REVIEW – Angkatan Udara AS (USAF) baru-baru ini berhasil menyelesaikan Uji & Evaluasi Operasional Awal (IOT&E) Sistem Survivabilitas Peringatan Aktif Pasif Eagle (EPAWSS) pada jet tempur F-15E Strike Eagle.

AN/ALQ-250 EPAWSS yang aslinya dirancang oleh BAE Systems untuk F-15EX, kini juga dapat dipasang pada armada F-15E lainnya. Perangkat ini menyediakan kemampuan EW spektrum penuh, termasuk peringatan radar, geolokasi, kesadaran situasional, dan perlindungan diri. F-15.

EPAWSS sepenuhnya terintegrasi dengan peringatan radar, lokasi geografis, dan peningkatan kemampuan sekam dan suar untuk mendeteksi dan mengalahkan ancaman permukaan dan udara di lingkungan yang padat sinyal dan sangat diperebutkan.

Sistem ini memungkinkan kebebasan bermanuver dan penetrasi lebih dalam ke ruang pertempuran yang dilindungi oleh sistem pertahanan udara terintegrasi modern.

“EPAWSS adalah sebuah lompatan dalam teknologi, meningkatkan kemampuan mematikan dan tempur F-15E dan F-15EX di lingkungan yang diperebutkan dan terdegradasi terhadap ancaman tingkat lanjut,” kata Mayor Bryant “Jager” Baum, Direktur Uji EPAWSS untuk Uji Operasional Angkatan Udara & Pusat Evaluasi (AFOTEC).

Dibandingkan dengan sistem terdahulu pada F-15, EPAWSS berukuran lebih kecil dan lebih ringan. Perangkat ini diadaptasi untuk kemampuan upgrade dan penyisipan kemampuan yang cepat, kata Amy Nesbitt, Manajer Program EPAWSS di BAE Systems.

“Kami menggunakan pengembangan perangkat lunak yang tangkas untuk memberikan peningkatan berulang pada sistem EW yang diterapkan—memungkinkan pelanggan kami mengalahkan ancaman elektromagnetik di masa depan,” ujarnya. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *