Boeing sudah integrasikan EPAWSS, bagaimana nasib F-15IDN?

F-15EXUSAF
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Boeing pada 21 Juli menyampaikan rilis bahwa dua unit F-15EX yang telah diserahkan kepada Angkatan Udara AS (USAF) telah dilengkapi dengan EPAWSS (Eagle Passive Active Warning and Survivability System).

Ini adalah sistem peperangan elektronik tercanggih untuk keluarga F-15EX Eagle II.

Boeing_contoh2

Berikutnya, sebanyak 43 F-15E Strike Eagle juga akan mulai menerima EPAWSS.

EPAWSS dikembangkan, diproduksi, dan diintegrasikan oleh kemitraan yang kuat antara Boeing dan BAE Systems.

EPAWSS mewakili perombakan transformasional terhadap kemampuan bertahan F-15 dengan menyediakan kemampuan canggih untuk mendeteksi dan melawan ancaman darat maupun udara. Sistem ini meningkatkan kesadaran situasional di medan perang yang rumit.

“Sistem Survivabilitas Peringatan Aktif Eagle Passive membuat sebagian besar efektivitas misi dan kemampuan bertahan untuk F-15 di lingkungan yang diperebutkan, dan selanjutnya memperkuat pesawat yang sangat mampu dan mematikan,” ujar Prat Kumar, Wakil Presiden Program F-15.

Ditambahkan, dengan EPAWSS F-15EX dan F-15E telah berhasil membuktikan bahwa mereka dapat tampil di lingkungan kekuatan besar untuk menembus pertahanan udara musuh yang canggih dan meningkatkan fleksibilitas misi.

Pada Mei 2021, dua pesawat F-15EX pertama, yang dikirim lebih cepat dari jadwal, berpartisipasi dalam latihan Northern Edge dengan suite EPAWSS.

Selama latihan yang sangat diperebutkan dan kompleks, kedua jet menunjukkan potensi operasional yang mengatur panggung untuk peningkatan bertahap di masa depan.

Dengan EPAWSS jet F-15 berhasil menunjukkan kinerja yang terbukti dan luar biasa dalam latihan berikutnya dan misi uji penerbangan pada Oktober 2021 dan Februari 2022.

Sebagai perusahaan kedirgantaraan global terkemuka, Boeing mengembangkan, memproduksi, dan melayani pesawat komersial, produk pertahanan, dan sistem ruang angkasa untuk pelanggan di lebih dari 150 negara, tulis perusahaan.

Sementara itu, dari Jakarta belum ada kabar keberlanjutan mengenai rencana akuisisi 36 F-15EX yang oleh Boeing diberi kode F-15ID (atau IDN) untuk Indonesia.

Indonesia akan menjadi operator pertama F-15EX di luar AS, bila keinginan yang telah dilontarkan oleh Kementerian Pertahanan ini terwujud.

Seperti diketahui, pada 10 Februari 2022, Departemen Luar Negeri telah membuat keputusan menyetujui kemungkinan Penjualan Militer Asing (FMS) kepada pemerintah Indonesia dari pesawat F-15ID dan peralatan terkait dengan perkiraan biaya 13,9 miliar USD.

Badan Kerja Sama Keamanan Pertahanan (DSCA) AS selanjutnya menyampaikan sertifikasi yang diperlukan yang memberi tahu Kongres tentang kemungkinan penjualan ini, tulis DSCA di lamannya saat itu.

Ditulis di laman DSCA bahwa:

Pemerintah Indonesia telah meminta untuk membeli hingga tiga puluh enam (36) pesawat F-15ID; delapan puluh tujuh (87) mesin F110-GE-129 atau F100-PW-229 (72 terpasang, 15 suku cadang); empat puluh lima (45) AN/APG-82(v)1 Advanced Electronically Scaned Array (AESA) Radar (36 terpasang, 9 suku cadang); empat puluh lima (45) AN/ALQ-250 Eagle Passive Active Warning Survivability Systems (EPAWSS) (36 terpasang, 9 suku cadang); empat puluh delapan (48) komputer digital Advanced Display Core Processor (ADCP) II (36 terpasang, 12 suku cadang); delapan puluh (80) Joint Helmet Mounted Cueing Systems (JHMCS) (72 terpasang, 8 suku cadang); sembilan puluh dua (92) perangkat keamanan Sistem Pemosisian Global (GPS)/Sistem Navigasi Inersia (EGI); empat puluh (40) pod navigasi AN/AAQ-13 LANTIRN (36 terpasang, 4 suku cadang); empat puluh (40) AN/AAQ-33 Sniper Advanced Targeting Pod (ATP) (36 terpasang, 4 suku cadang); seratus lima puluh enam (156) peluncur LAU-128 (144 terpasang, 12 suku cadang); dan empat puluh (40) sistem senjata M61A “Vulcan” (36 terpasang, 4 suku cadang). Juga termasuk pod pelatihan Air Combat Maneuvering Instrumentation (ACMI) (P5 CTS) dan peralatan pendukung; MS-110 Recce Pod; AN/ASG-34 Pencarian Inframerah dan Lacak Internasional; dispenser tindakan balasan AN/ALE-47; AN/PYQ Pemuat Kunci Sederhana; navigasi presisi tambahan, komunikasi yang aman dan peralatan kriptografi; Dukungan Program Bantuan Keamanan Internasional Tempur Elektronik (ECISAP); Sistem Perencanaan Misi Bersama (JMPS); Night Vision Goggles (NVG) dan peralatan serta suku cadang pendukung; tangki bahan bakar konformal; sekam dan suar; pesawat terbang dan personel pendukung dan peralatan uji; tiang, adaptor peluncur, antarmuka senjata, tangki bahan bakar, dan perangkat keras yang terpasang; travel pod, laboratorium peralatan pengukuran presisi, kalibrasi, dan simulator; suku cadang dan perbaikan, layanan perbaikan dan pengembalian; peta, publikasi, dan dokumentasi teknis; studi dan survei; perangkat lunak diklasifikasikan/tidak diklasifikasikan dan dukungan perangkat lunak; pelatihan personel dan peralatan pelatihan; jasa pengelolaan fasilitas dan fasilitas, desain dan/atau konstruksi; Layanan dukungan rekayasa, teknis dan logistik Pemerintah AS dan kontraktor; dan elemen terkait lainnya dari dukungan logistik dan program. Perkiraan total biaya adalah $ 13,9 miliar.

Keingian Jakarta untuk memboyong 36 F-15EX masih sangat tergantung pada alokasi pembiayaan untuk pembelian jet ini oleh Kementerian Keuangan RI.

Sementara untuk rencana akuisisi 36 Rafale tambahan dari pengadaan enam yang sudah ditandatangani masih sama tidak jelasnya.

Jakarta juga masih punya tunggakan untuk membayar keikutsertaannya dalam pengembangan bersama jet tempur KF-21 dengan Korea Selatan.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *