Ekuador menerima hibah satu pesawat C-130H Hercules dari AS: Buatan tahun 1974 dan pernah digunakan oleh Angkatan Udara Afganistan

Equador menerima hibah satu C-130H Hercules dari ASFAE

AIRSPACE REVIEW – Angkatan Udara Ekuador (FAE) menerima hibah satu pesawat angkut militer C-130H Hercules dari Pemerintah Amerika Serikat. Upacara penerimaan pesawat senilai 12 juta USD tersebut dilaksanakan di Pangkalan Udara Cotopaxi di Kota Latacunga, media lokal melaporkan.

Pemberian hibah pesawat Hercules ini sebagai bagian dari kerja sama bilateral antara Ekuador dan Amerika Serikat.

Penyerahan pesawat dilakukan oleh Duta Besar AS untuk Republik Ekuador Mr. Michael J. Fitzpatrick dan Presiden Ekuador, Mr. Daniel Noboa Azin.

“Kedatangan Hercules di Latacunga merupakan bukti nyata solidaritas abadi antara Amerika Serikat dan Ekuador. Pesawat ini, yang dikirimkan Amerika Serikat secara gratis kepada masyarakat Ekuador, melambangkan komitmen kami untuk memperkuat kemampuan Angkatan Bersenjata Ekuador dan mendukung keselamatan dan keamanan setiap warga negara,” ujar Duta Besar Fitzpatrick.

Pesawat C-130H sumbangan AS akan bergabung dengan Wing Transportasi 11 FAE. Dengan tambahan ini FAE memiliki dua pesawat operasional setelah L-100 (registrasi FAE-893) diaktikan kembali dengan bantuan dari AS.

C-130H Hercules Ekuador baru, dengan registrasi FAE 898, diproduksi pada tahun 1974 dan digunakan oleh USAF sejak tahun 1976 hingga kemudian dihibahkan ke Angkatan Udara Afganistan tahun 2013.

Namun setelah jatuhnya Kabul, pesawat tersebut ditarik kembali ke AS dan kemudian diputuskan untuk disumbangkan ke Ekuador. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *