Pilot-pilot militer Ukraina berlatih terbangkan A-10 di simulator

A-10 Thunderbolt II - Ukraine Pilot - Airspace ReviewUSAF, Screencap
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sejumlah pilot militer Ukraina sedang menjalani pelatihan menerbangkan pesawat serang A-10 Thunderbolt II atau biasa dijuluki Warthog.

Bukan berlatih langsung di pesawat sebenarnya, mereka dididik terlebih dahulu di simulator pesawat tersebut.

Sebuah video yang beredar di jejaring sosial mengonfirmasikan hal itu.

Media memberitakan, pilot veteran Angkatan Udara AS (USAF) terlihat memberikan pelatihan kepada pilot Ukraina.

Ukraina sendiri sebelum ini diberitakan ingin mendapatkan jet tempur yang terbang cepat seperti F-16 atau F-15 dari AS. A-10 sendiri bukanlah pilihan mereka.

Meski demikian, faktanya memang tidak semudah itu AS memberikan jet tempur andalan seperti F-16 dan F-15. Akan sangat riskan untuk memberikan jet tempur canggih ke Ukraina saat ini.

Pilot Ukraina yang berlatih di simulator A-10 meyakini bahwa mereka dapat mengubah keseimbangan kekuatan di udara dengan pesawat ini, ujar salah satu dari mereka.

Menurut majalah Time, lima pilot Ukraina saat ini sedang dilatih menggunakan simulator A-10. Pelatihan menggunakan simulator akan mempercepat pilot untuk mahir menguasai pesawat yang diterbangkannya.

A-10 dengan meriam tujuh laras GAU-8 Avenger kaliber 30 mm memperlihatkan keunggulannya saat dikerahkan dalam Perang Teluk tahun 1991.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *