AirBridgeCargo dari Rusia mengembalikan pesawat 747-8F yang disewanya dari lessor China

AirBridgeCargo 747-8FABC

AIRSPACE REVIEW – Perusahaan AirBridgeCargo (ABC) dari Rusia yang pernah menjadi maskapai kargo terbesar di Rusia, telah mengembalikan sebuah pesawat Boeing 747-8F kepada perusahaan penyewa (lessor) pesawat asal China, BOC Aviation.

Media Rusia memberitakan, pesawat dengan nomor registrasi VP-BIN itu lepas landas dari Bandara Moscow Sheremetyevo menuju Bandara Shanghai di China.

Pesawat 747-8F kedua, VQ-BFU, juga akan segera dikembalikan oleh ABC ke BOC Aviation.

ABC sebelumnya mengoperasikan tiga pesawat Boeing 747-8F yang disewa dari BOC. Pesawat pertama dikembalikan pada Maret 2022, setelah sanksi terhadap Rusia mulai berlaku.

Karena dua Boeing lainnya tidak dikembalikan, perusahaan leasing China tersebut mengajukan gugatan di New York pada tahun 2023 dengan meminta ABC untuk membayar 406 juta dolar AS.

Namun, hal tersebut tidak terpenuhi. Sanksi tersebut tampaknya dapat dihindari dengan dikembalikannya kedua perangkat tersebut.

Perusahaan ABC saat ini memiliki sebelas pesawat 747-8F, salah satunya yang sedang dikembalikan, kemudian tiga unit 747-400F dan satu unit 777F. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *