Serbia perlihatkan sosok terbaru T-72B1MS White Eagle buatan Rusia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Serbia telah memperlihatkan sosok terbaru tank tempur utama T-72B1MS White Eagle buatan Rusia dalam sebuah upacara yang dihadiri oleh Presiden Serbia Alekxandra Vučić pada 28 November 2020.

Tank buatan UralVagonZavod yang diterima oleh Serbia pada 4 November terlihat dari foto-foto yang disiarkan oleh Kementerian Pertahanan Serbia.

T-72B1MS merupakan versi upgrade dari T-72B yang diluncurkan di Moskow pada Juni 2012. Tank ini dikembangkan, dirancang, dan diproduksi oleh UralVagonZavod.

T-72B1MS merupakan versi ekspor dengan peralatan baru

Versi khusus ekspor ini dilengkapi fitur lapis baja baru, optik serta peralatan tempur baru, dan stasiun senjata yang dioperasikan dari jarak jatuh.

Sebelum Serbia, Laos merupakan negara yang telah lebih dulu menerima pengiriman T-72B1MS pada 2018.

Berita lainnya menyebut, Uruguay dan Nikaragua juga turut mengakuisisi tank ini.

Baca Juga: Rusia lanjutkan pengiriman tank T-72B1 White Eagle kepada Laos

Seperti halnya versi dasar T-72, versi T-72B1MS diawaki oleh tiga personel terdiri dari pengemudi di depan serta komandan dan penembak di kabin tengah.

Tank dilengkapi dengan kamera depan dan belakang, layar digital, sistem navigasi GPS/Glonass, pemandangan panoramik termal generasi ketiga Eagle Eye untuk komandan di sisi kiri belakang turet, penglihatan termal Sosna-U untuk penembak, sistem pelacakan target, sistem manajemen sasis, senapan mesin yang dikendalikan dari jarak jauh, dan lainnya.

Sementara untuk meriam, T-72B1MS menggunakan kanon meriam smoothbore 2A46 kaliber 125 mm yang mampu menembakkan berbagai jenis amunisi.

Baca Juga: Uruguay Akan Terima 100 Tank T-72B1MS ‘White Eagle’ dari Rusia

Satu senapan mesin kaliber 7,62 mm dipasang secara koaksial di sebelah kanan persenjataan utama.

Di belakang palka komandan, terdapat stasiun senjata yang dioperasikan dari jarak jauh untuk senapan mesin 6P49 Kord kaliber 12,7 mm.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *