Uruguay Akan Terima 100 Tank T-72B1MS ‘White Eagle’ dari Rusia

thoibao.today

ANGKASAREVIEW.COM – Angkatan Bersenjata Uruguay akan menerima 100 tank T-72B1MS (Object 184-1MS) White Eagle dari Rusia. Seluruh tank itu akan dikirimkan ke Uruguay dalam dua gelombang pengiriman, masing-masing 50 unit.

Wartawan pertahanan Rusia dan ahli militer Alexey Khlopotov sebagaimana ditulis defence-blog pada 7 April melaporkan, selain akan menerima 100 tank, Uruguay juga akan menerima tank TT-72WE untuk pelatihan para awak.

T-72B1MS merupakan T-72 yang dimodernisasi (ditingkatkan kemampuannya). White Eagle ini dikembangkan oleh satuan perbaikan 61st Armored Vehicle di Strelna, luar kita St. Petersburg. Tank ini telah dilengkapi sistem penglihatan siang maupun  malam PN-72U Sosna-U bagi para awak gunner-nya.

Untuk kursi yang ditempati komandan, kini dilengkapi sistem penglihatan ‘mata elang’ berupa PKP-72 Sokolinyi Glaz yang menampilkan pemandangan panoramik. Perangkat ini terintegrasi dengan penghasil gambar panas (thermal imager) generasi ketiga.

Tank ini juga dilengkapi dengan remote weapon station (RWS) baru di bagian turet yang dipersenjatai senapan mesin berat NSVT Utes kaliber 12,7mm.

T-72 merupakan tank tempur utama generasi kedua Uni Soviet yang mulai diproduksi tahun 1971. Sekira 20.000 T-72 dibuat menjadikannya salah satu tank yang paling banyak diproduksi pasca-Perang Dunia II melebihi T-54/55. Hingga saat ini T-72 telah digunakan sedikitnya di 40 negara. (RON)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *