Pertajam Taring F-15K, Korea Selatan Tambah Pengadaan Rudal Jelajah Taurus

ANGKASAREVIEW.COM – Punya armada penempur multiperan F-15K Slam Eagle bagi AU Korea Selatan (RoKAF) rasanya belum komplit apabila tidak melengkapinya dengan rudal jelajah luncur udara (air-launched cruise missile) Taurus KEPD 350K.

Negeri Ginseng pun dikabarkan telah menambah lagi pesanan 90 rudal KEPD 350K untuk menambah ‘200 unit’ yang telah dibeli lebih dulu.

Penambahan pembelian rudal tersebut disampaikan juru bicara Administrasi Program Pengadaan Pertahanan (DAPA) kepada media setempat pada 13 Maret.

Enam bulan lalu pada September 2017, RoKAF mengumumkan tengah menguji coba rudal jelajah Taurus menggunakan salah satu F-15K mereka. Kontrak pengadaan rudal ini mulai ditandatangani oleh Korea Selatan pada November 2013. Diduga Korea Selatan membeli kurang lebih 170-180 unit rudal tersebut.

RoKAF

Rudal jelajah udara ke darat Taurus KEPD 350K dikembangkan bersama oleh Jerman dan Swedia dan dibuat oleh pabrik Taurus Systems GmbH. Rudal dengan panjang 5,1 meter dan diameter 1,08 meter ini memiliki hulu ledak seberat 1,4 ton.

Rudal Taurus untuk RoKAF berbeda sedikit dengan rudal sejenis yang digunakan negara lain (Jerman dan Spanyol). Rudal jelajah berkemampuan jangkauan lebih 500 km untuk AU Korea Selatan ini dilengkapi receiver GPS terbaru buatan Rockwell Collins dan memiliki modul anti-jamming. (RON)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *