Yunani menerima tiga helikopter MH-60R Seahawk pertamanya dari Lockheed Martin

MH-60R Seahawk Angkatan Laut Yunani_ airspace review_SikorskyLockheed Martin

AIRSPACE REVIEW – Yunani pada tanggal 20 Maret telah menerima kelompok pertama helikopter maritim multimisi MH-60R Seahawk dari Lockheed Martin.

Upacara penerimaan helikopter dilaksanakan di Kotroni Naval Fort in Marathon. Ini adalah tiga helikopter pertama dari tujuh unit yang akan dibuat oleh Lockheed Martin untuk Angkatan Laut Hellenic (HN). Sisa empat helikopter lagi akan dikirimkan ke Yunani tahun depan.

Acara serah terima helikopter dihadiri oleh Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis dan pejabat senior pemerintah Yunani, personel militer Yunani, dan para pejabat perwakilan dari AS.

“Pada upacara penerimaan dan aksesi kepada Komando Penerbangan Angkatan Laut (NAC) tiga helikopter baru Angkatan Laut MH-60 Romeo, di Pangkalan Marathon, di hadapan Perdana Menteri Kyriakou Mitsotakis,” ujar Menteri Pertahanan Yunani Nikos Dendias dalam pernyataannya di media sosial X.

Pengadaan tujuh helikopter MH-60R Seahawk untuk Angkatan Laut Yunani senilai 600 juta USD dilaksanakan melalui kontrak Penjualan Militer Asing (FMS) yang terbagi dalam dua lot. Pesanan pertama ditandatangani pada Juli 2020 untuk empat helikopter, diikuti tiga helikopter lagi pada April 2021. Selain mendapatkan heli, Yunani juga akan mendapatkan suku cadang, sistem, senjata, pelatihan, dan dukungan logistik.

Helikopter MH-60R akan menggantikan peran heli AB212 ASW (perang antikapal selam) yang sudah tua dan telah digunakan sejak awal tahun 1980-an. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *