HAL akan mengirimkan jet Tejas Mark 1A LCA pertama ke Angkatan Udara India pada 31 Maret, sebanyak 83 unit telah dipesan

Tejas Mk-1AReddit
ROE

AIRSPACE REVIEW – Hindustan Aeronautics Ltd (HAL) akan mengirimkan pesawat tempur ringan (LCA) Tejas Mark 1A (Mk1A) pertama ke Angkatan Udara India (IAF) pada tanggal 31 Maret.

Pengiriman tersebut merupakan bagian dari kesepakatan Kementerian Pertahanan India senilai Rs 48.000 crore dengan HAL untuk pengadaan 83 Tejas Mk1A untuk IAF. Kontrak telah ditandatangani pada Februari 2021 lalu.

Airbus_contoh2

Sumber pertahanan seperti dikutip India Today menyatakan, HAL sedang berupaya untuk memenuhi kewajibab berdasarkan kontrak tersebut.

“Banyak uji coba di lapangan untuk LCA Mark 1A pertama telah dilakukan, dan kami mencoba untuk melihat apakah pesawat tersebut dapat dikirimkan pada tanggal 31 Maret dengan semua integrasi yang diperlukan di dalamnya,” kata sumber tersebut.

Ada juga upaya yang dilakukan untuk melihat apakah kami juga dapat mengirimkan satu pesawat latih bersama dengan versi pesawat tempurnya, lanjut dia.

Tejas Mk1A adalah pesawat tempur yang dirancang, dikembangkan, dan diproduksi dalam negeri dengan lebih dari 65 persen komponen dalam negeri India.

Skadron pertama pesawat tempur ringan ini rencananya akan ditempatkan di Pangkalan Udara Nal di Bikaner Rajasthan dekat perbatasan Pakistan.

HAL akan membuat 180 pesawat ini dari proyeksi yang ditetapkan oleh Dewan Akuisisi Pertahanan India untuk IAF.

Dewan Akuisisi Pertahanan India yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan Rajnath Singh juga menyetujui program peningkatan pesawat tempur Su-30MKI IAF.

Diketahui bahwa mega proyek pengadaan dan program peningkatan Su-30MKI diperkirakan akan menelan biaya sebesar Rs 1,3 lakh crore. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *