HAL mengirimkan LCA Tejas varian tandem pertama ke Angkatan Udara India

HAL Tejas tandem variantHAL

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Hindustan Aeronautics Limited (HAL) telah mengirimkan Tejas varian dua tempat duduk (tandem) pertamanya kepada Angkatan Udara India (IAF) di Bengaluru pada 4 Oktober .

Penyerahan pesawat dihadiri Menteri Negara Pertahanan Ajay Bhatt dan Marsekal Udara Vivek Ram Chaudhari.

Disebutkan, pesawat ini sejalan dengan inisiatif “Atmanirbhar Bharat” India, yang bertujuan untuk kemandirian di berbagai sektor termasuk penerbangan.

LCA Tejas adalah pesawat tempur ringan multiperan yang dirancang oleh Aeronautical Development Agency (ADA) bekerja sama dengan Aircraft Research and Design Center (ARDC) HAL.

Pesawat ini dikembangkan dari program Light Combat Aircraft (LCA) yang dimulai pada tahun 1980-an dan pertama kali diterbangkan pada tahun 2001.

Tejas memperoleh sertifikasi operasional awal pada tahun 2011 dan sertifikasi operasional akhir pada tahun 2019.

Versi dua tempat duduk dari LCA Tejas menggabungkan fitur-fitur canggih seperti stabilitas statis yang santai, kokpit kaca modern, kontrol penerbangan fly-by-wire quadruplex, dan penggunaan material komposit.

Pesawat dengan desain kompak ini dirancang untuk memfasilitasi transisi pilot peserta pelatihan menjadi pilot pesawat tempur operasional.

HAL telah menerima pesanan untuk 18 LCA tempat duduk ganda dari IAF dan berencana untuk mengirimkan delapan unit tersebut pada tahun anggaran 2023-2024. Sisanya akan dikirimkan tahun 2026-27.

IAF sendiri telah mengindikasikan minatnya untuk mengakuisisi unit tambahan Tejas versi tandem di masa depan.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *