Siap terima korvet rudal pertama dari Korea Selatan, Filipina kirim awak untuk berlatih mengoperasikannya

Korvet rudal Filipina buatan Korea SelatanHHI
ROE

AIRSPACE REVIEW – Angkatan Laut Filipina (PN) pada 12 Maret mengatakan mereka mulai melatih pasukannya cara mengoperasikan korvet buatan Korea Selatan yang akan tiba tahun depan.

Dalam jumpa pers di Kamp Aguinaldo, Quezon City, Juru Bicara PN John Percie Alcos menyebut kapa lyang akan datang adalah dua korvet rudal berpemandu, yang saat ini sedang dibangun di galangan kapal Hyundai Heavy Industri (HHI) di Ulsan, Korea Selatan.

Airbus_contoh2

Korvet pertama akan diterima pada semester kedua tahun depan, sementara yang kedua akan dikirim pada 2026. Alcos menambahkan PN juga mulai membeli peralatan pendukung yang diperlukan.

Untuk pengadaan dua korvet ini, Departemen Pertahanan Nasional Filipina telah menandatangani kontrak senilai PHP 28 miliar dengan HHI pada 27 Desember 2021.

Korvet rudal berpemandu pesanan PN memiliki berat 3.200 ton, panjang 116 m, dan lebar 14,8 m. Dapat berlayar dengan kecepatan maksimum 25 knot dan jangkauan hingga 4.500 mil laut (8.334 km) dengan kecepatan jelajah 15 knot.

Kapal akan dipersenjatai dengan meriam laut kaliber 76 mm, kanon reaksi cepat kaliber 35 mm,16 sel rudal hanud VLS, 8 rudal antikapal, dan 2 triple tube torpedo. Kapal dilengkapi radar Active Electronically Scanned Array (AESA). (RBS)

One Reply to “Siap terima korvet rudal pertama dari Korea Selatan, Filipina kirim awak untuk berlatih mengoperasikannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *