Filipina pesan 6 kapal OPV ke HHI Korea Selatan

HDP-150 Neo OPV buatan Hyundai Heavy IndustriesHHI

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Departemen Pertahanan Filipina telah memberikan kontrak kepada Hyundai Heavy Industries (HHI) Korea Selatan untuk membangun enam kapal patroli lepas pantai (OPV).

Perusahaan pada 27 Juni mengumumkan, selain pembelian enam kapal, kontrak senilai 744,9 miliar won (573,8 juta USD) ini mencakup pemeliharaan, perbaikan, dan perombakan dua fregat yang dibuat oleh pembuat kapal sebelumnya.

Galangan kapal Ulsan HHI akan menyelesaikan kapal berbobot masing-masing 2.400 ton itu dan menyerahkannya kepada Angkatan Laut Filipina pada tahun 2028, seperti diberitakan The Korea Times.

Kapal memiliki panjang 94,4 m dan lebar 14,3 m. Untuk kecepatan jelajah berada di angka 15 knot (58 mph) dan laju kecepatan maksimum 22 knot (25 mph).

Jangkauan jelajah kapal mencapai 5.500 mil laut (6329 mil).

Setiap OPV akan dipersenjatai dengan satu meriam 76mm dan dua meriam 30mm. Kapal ini juga dilengkapi dek tempat helikopter atau UAV.

Kerja sama Filipina dengan HHI sudah dirintis sejak lama.

Pada 2016, HHI mengirimkan dua fregat ke Filipina. Sementara tahun lalu Filipina juga menandatangani kontrak untuk pengadaan dua korvet dari HHI.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published.