Pertama kalinya, US Space Force berpartisipasi dalam Latihan Gabungan Cobra Gold 2024

Cobra Gold 2024_ Airspace ReviewCobra Gold 24
ROE

AIRSPACE REVIEW – Pasukan Luar Angkasa AS (US Space Force) di Indo-Pasifik untuk pertama kalinya mengambil lompatan besar dalam integrasi multidomain dengan memimpin partisipasi ruang angkasa AS dalam Latihan Gabungan Cobra Gold 2024 di Thailand pada 27 Februari – 8 Maret.

Cobra Gold 24 diikuti oleh tujuh negara tetap dan lebih dari 33 negara terlibat dan berlatih bersama di bidang luar angkasa, udara, dan darat, sehingga menetapkan standar baru untuk operasi luar angkasa multinasional.

Boeing_contoh2

“Empat tahun lalu, Cobra Gold tidak berpartisipasi di luar angkasa,” kata Kapten Jarrett Jordan, perencana latihan SPACEFOR-INDOPAC. “Tahun ini, ini menjadi salah satu latihan luar angkasa multinasional yang paling kuat di dunia,” ujarnya seperti diberitakan US Space Force.

Space Force Guardians memanfaatkan hubungan jangka panjang dengan sekutu dan mitranya di Indo-Pasifik untuk meningkatkan salah satu latihan militer paling perdana di Asia. Kini, dalam penyelenggaraannya yang ke-43, Cobra Gold menghadirkan para ahli dan pemimpin dari seluruh kawasan untuk belajar satu sama lain dan bertumbuh dalam mengatasi skenario yang menantang.

Tentu saja, kehadiran operator dan ahli strategi terbaik di kawasan ini menawarkan peluang unik, lanjut dia.

“Cobra Gold memberi kami kesempatan untuk belajar dari mitra kami dan mengembangkan keterampilan baru melalui integrasi gabungan. Komitmen ini memberikan manfaat besar dalam pengembangan bakat individu, dan hubungan yang kami bangun memupuk semangat kerja sama yang langgeng.”

Meskipun Thailand dan AS memiliki sejarah panjang dalam bekerja sama sebagai sekutu, tantangan modern terhadap lingkungan keamanan Indo-Pasifik memerlukan cara-cara baru untuk mengatasi masalah tersebut. Cuaca ekstrem, jarak yang jauh dari wilayah ini, dan tantangan terhadap tatanan internasional yang berdasarkan peraturan menjadi semakin umum. Latihan seperti Cobra Gold mempersiapkan operator untuk berintegrasi dengan domain yang belum pernah mereka pertimbangkan sebelumnya.

Dengan mengadakan latihan luar angkasa baru ini, Cobra Gold telah menjadi tempat yang lebih baik untuk latihan bersama. dan kemitraan gabungan yang mengakui ruang angkasa sebagai domain yang diperebutkan.

Seiring dengan semakin banyaknya pemain regional yang menyadari pentingnya ruang, upaya seperti ini di Cobra Gold akan semakin penting. SPACEFOR-INDOPAC terus memperluas upaya penjangkauannya kepada sekutu dan mitra di seluruh Indo-Pasifik, dan rencana untuk integrasi ruang angkasa tambahan telah dijalankan dalam acara gabungan lainnya. Masing-masing negara meningkatkan keterampilan Penjaga, menjalin hubungan yang lebih kuat dengan Sekutu dan mitra, serta membantu mendukung Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Meskipun ini adalah pertama kalinya SPACEFOR-INDOPAC bermain di Cobra Gold, pengalaman tersebut memberikan pengaruh yang besar bagi para Guardian yang terlibat.

“Berpartisipasi dalam Cobra Gold untuk pertama kalinya merupakan pengingat yang kuat akan pentingnya Sekutu dan mitra kami. Mengintegrasikan ruang ke dalam latihan sebagai bagian dari tim multinasional yang luar biasa adalah tugas besar, namun hal ini layak dilakukan dan berhasil kami lakukan bersama-sama,” pungkas Jordan. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *