NORAD: Sepasang Beruang kembali terbang mendekati wilayah udara AS dan Kanada, China kemungkinan akan melakukan hal yang sama

Tu-95 BearNORAD

AIRSPACE REVIEW – Sepasang pengebom strategis Rusia, yang dikenal sebagai Tu-95 Bear, kembali terbang mendekati wilayah udara AS dan Kanada pekan lalu dan mendekati Zona Identifikasi Pertahanan Udara kedua negara tersebut. Kepala Komando Pertahanan Dirgantara Amerika Utara dan Komando Utara AS (NORAD) mengatakan pada 14 Maret.

Di hadapan Komite Angkatan Bersenjata Senat AS, Jenderal Angkatan Udara Gregory M. Guillot juga memberikan rincian lebih lanjut tentang peringatannya bahwa pesawat tempur Tiongkok berkemungkinan akan terbang di dekat atau di ADIZ AS.

NORAD secara teratur mendeteksi pesawat Rusia yang beroperasi di ADIZ—wilayah penyangga yang melampaui batas teritorial, mencakup wilayah udara ratusan mil dari garis pantai yang digunakan negara-negara untuk melacak pesawat yang mendekat. Namun, ia menjelaskan bahwa insiden terbaru ini berbeda karena pesawat pembom Tu-95 Bear mendekat dari timur laut dan bukan menuju Alaska, tempat sebagian besar insiden serupa terjadi.

“Kami telah mencapai beberapa keberhasilan dalam bekerja sama dengan NATO dan Komando Eropa dalam… pendekatan timur laut. Baru minggu lalu, untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua tahun, Rusia mengirimkan sepasang pengebom ‘Beruang’ di sepanjang jalan tersebut melalui apa yang kita sebut ‘celah GIUK’, Greenland, Islandia, dan Inggris, mendekati wilayah Kanada dan Inggris. Zona Identifikasi Pertahanan Udara Amerika Serikat,” kata Guillot dikutip oleh Air & Space Forces Magazine.

Tu-95 Bear adalah pembom strategis jarak jauh yang mampu membawa beragam muatan senjata. Pada bulan Februari, NORAD melaporkan tiga kali pesawat Rusia terbang di ADIZ Alaska tanpa merinci jenis pesawatnya, namun pejabat militer Rusia mengungkapkan bahwa dua dari empat pesawat dalam satu insiden adalah Tu-95, menurut Reuters.

NORAD sesekali mengerahkan pesawat tempur untuk mencegat pesawat tersebut dan mengawal mereka keluar dari ADIZ. Dalam insiden terbaru ini, hal itu tidak diperlukan karena pesawat tempur Amerika dan Kanada sudah berada di udara, kata Guillot.

“Kami tidak perlu mencegat mereka karena kami memiliki pesawat yang terbang ke titik di mana kami akan mencegat mereka sebelum mereka melintasi zona identifikasi, dan Rusia berbalik sebelum mencapai zona tersebut,” ujar Guillot.

Ia menambahkan NORAD terus mengawasi para pembom selama penerbangan mereka, dan memuji pertukaran data kolaboratif dengan sekutu melalui Komando Eropa AS dan NORTHCOM, khususnya dengan Norwegia.

Meskipun kali ini pesawat pembom Rusia tidak terbang di dekat Alaska, Guillot mencatat bahwa Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok akan segera bergabung dengan Rusia dalam mendekati ADIZ di wilayah tersebut.

“Apa yang saya lihat adalah kemauan dan keinginan Tiongkok untuk bertindak di sana (Artic). Saya memperkirakan akan melihat potensi aktivitas udara di bagian Alaska di Kutub Utara pada tahun ini. Ini adalah kekhawatiran saya yang sangat besar.”

Guillot sebelumnya mengatakan kepada Komite Angkatan Bersenjata DPR bahwa dia mengantisipasi pesawat Tiongkok akan beroperasi di dekat ADIZ AS sekitar tahun ini, tetapi dia tidak merinci wilayah mana.

Baik Rusia maupun China terus menghadirkan ancaman besar terhadap AS, kata Guillot.

Rusia telah melakukan investasi besar dalam kapal selam berpeluru kendali canggih, kendaraan luncur hipersonik, ICBM, dan sistem pengembangan seperti torpedo nuklir dan rudal jelajah bertenaga nuklir, meskipun pasukan daratnya mengalami kerugian besar di Ukraina.

“Rusia memiliki persediaan senjata nuklir strategis dan non-strategis terbesar di dunia, serta kapasitas yang signifikan untuk menyerang Amerika Utara dengan senjata konvensional presisi peluncuran udara dan laut,” kata Guillot.

Menurut analis senior Pusat Intelijen Udara dan Luar Angkasa Nasional, Tiongkok memiliki persenjataan hipersonik terkemuka di dunia, yang berulang kali digambarkan Guillot sebagai senjata yang paling mengganggu stabilitas.

Mengingat ancaman tersebut, Guillot menekankan perlunya NORAD dan NORTHCOM memiliki radar dan sistem pelacakan yang mampu menjembatani kesenjangan kesadaran. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *