Angkatan Darat dan Penjaga Pantai India akan mendapatkan helikopter Dhruv ALH buatan dalam negeri

Dhruv ALHIstimewa

AIRSPACE REVIEW – Kementerian Pertahanan India pada 15 Maret 2024 telah menandatangani kontrak dengan Hindustan Aeronautics Limited (HAL) untuk akuisisi 34 helikopter Dhruv ALH (Advanced Light Helicopter) dengan nilai total 975 juta dolar AS.

Helikopter ini untuk didistribusikan antara Angkatan Darat India, yang akan menerima 25 unit, dan Penjaga Pantai India, yang akan menerima 9 unit.

Kontrak tersebut menandai langkah signifikan dalam upaya India untuk memperkuat kemampuan pertahanannya dan mendorong kemandirian industri dalam negeri di bawah inisiatif ‘Aatmanirbhar Bharat’ (India Mandiri).

Mengenai Dhruv ALH adalah helikopter utilitas medium/ringan yang dirancang untuk berbagai peran berkat fleksibilitas operasionalnya. Dapat membawa awak dua dan 12 hingga 14 penumpang.

Dhruv ALH ditenagai oleh dua mesin turboshaft, menawarkan pilihan antara Turbomeca Ardiden 3G, dengan tenaga 1032 kW per mesin, atau Turbomeca/HAL TM 333 2B2, dengan tenaga 825 kW per mesin.

Untuk performanya, helikopter memiliki kecepatan maksimum 300 km/jam, ketinggian operasional 4.500 meter, dan jangkauan 659 km.

Sementara Dhruv ALH versi maritim, yang terutama ditujukan untuk Penjaga Pantai India, dilengkapi peralatan khusus untuk operasi laut.

Adaptasi ini mencakup sensor canggih untuk pengawasan maritim, radar patroli, serta peralatan untuk misi pencarian dan penyelamatan di laut.

Varian ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan operasional Penjaga Pantai dengan memberikan dukungan udara serbaguna untuk berbagai misi maritim. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *