Angkatan Darat Filipina terima gelombang pertama VBTP-MR Guarani 6×6 APC

Guarani 6X6Istimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW – Divisi Armor Angkatan Darat Filipina (PA Armor Division) secara resmi menerima dan meresmikan sembilan tank ringan ASCOD 2 Sabrah gelombang pertama dan satu versi Kendaraan Komando ASCOD 2 pada 5 Maret 2024 lalu.

Bersamaan dengan itu diterima pula lima kendaraan pengangkut personel lapis baja (APC) VBTP-MR Guarani 6×6.

Boeing_contoh2

Kendaraan tempur (ranpur) baru tersebut adalah bagian dari Fase Prioritas Horizon 2 dari Revisi Program Modernisasi AFP.

Khusus mengenai panser VBTP-MR Guarani, sebelumnya pada 7 Februari 2021, perusahaan Israel Elbit Systems mengumumkan telah mendapatkan kontrak dari Kementerian Pertahanan Filipina untuk pengadaan sistem khusus yang akan dipasang pada 28 panser VBTP-MR Guarani.

Panser tersebut akan dilengkapi dengan stasiun senjata jarak jauh (RCWS) buatan Elbit Systems yang dipasangi kanon otomatis 40 mm dan senapan mesin 12,7 mm.

Termasuk dan juga berbagai sub-sistem lainnya seperti sistem penggerak elektrik & stabilisasi, sistem kontrol tembakan, sistem manajemen pertempuran Torch-X, sistem radio E-LynX, serta sight untuk penembak dan komandan.

Mengenai VBTP-MR Guarani (Portugis: Viatura Blindada Transporte de Pessoal – Média de Rodas atau Kendaraan Pengangkut Personel Lapis Baja – Tipe Beroda Sedang) adalah panser APC 6X6 yang dikembangkan oleh Iveco Italia untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Darat Brasil untuk menggantikan panser gaek EE-11 Urutu.

Panser tersebut selanjutnya diproduksi di fasilitas kendaraan militer Iveco di Sete Lagoas di negara bagian Minas Gerais, Brasil.

Selain untuk memenuhi kebutuhan Brasil, panser VBTP-MR Guarani juga diekspor ke pelanggan asing, termasuk ke Filipina.

Untuk spesifikasinya, VBTP-MR Guarani memiliki bobot toital 16,7 ton, panjang 6,9 m, lebar 2,7 m, dan tinggi 2,3 m.

Panser berkemampuan amfibi ini dapat menampung tiga awak (pengemudi, komandan dan juru senjata) dan delapan pasukan bersenjata.

Sebagai tenaga penggeraknya, VBTP-MR Guarani menggunakan mesin diesel turbo Cursor 9 buatan Iveco, menghasilkan tenaga 383 hp. Kecepatan maksimumnya mencapai 100 km/jam dan jangkaun operasi sejauh 600 km. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *