Muncul pesawat langka Angkatan Laut China Gaoxin-8 EW dengan lapisan canggih low observable, platform peperangan elektronik dan pengumpulan intelijen

Gaoxin-8 EWPLAN

AIRSPACE REVIEW – Dinas Penerbangan Angkatan Laut Komando Teater Utara China baru-baru ini melakukan pelatihan penerbangan yang melibatkan beberapa pesawat. Latihan ini berfokus pada serangan antikapal dan konfrontasi kelompok, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pasukan dalam perang informasi udara.

Menariknya, pada puncak dari pelatihan tersebut adalah munculnya Pesawat Perang Elektronik Terintegrasi (Integrated Electronic Warfare Aircraft) Gaoxin-8, yang merupakan aset Angkatan Laut China yang jarang terlihat.

Menurut laporan China Arms, pesawat Gaoxin-8 tersebut menampilkan lapisan baru low observable, yang menunjukkan peningkatan dalam kemampuan silumannya.

Lapisan baru ini menampilkan warna campuran abu-abu dan hijau, yang dirancang untuk menyamarkan lambang PLA dan nomor pesawat, sehingga sulit diidentifikasi pandangan mata langsung.

Penggunaan lapisan yang strategis ini sejalan dengan inisiatif Angkatan Udara China sejak tahun 2020 untuk meningkatkan kemampuan siluman di seluruh armadanya.

Penerapan lapisan semacam itu oleh berbagai pesawat angkatan laut China menandai langkah signifikan dalam meningkatkan kemampuan operasional siluman dan pengintaian mereka, sehingga menyulitkan musuh untuk mengumpulkan intelijen pada platform ini.

Mengenai Gaoxin-8, yang juga dikenal sebagai Y-9JB, mewakili generasi kedelapan dalam Keluarga Gaoxin. Pesawat ini berfungsi sebagai platform peperangan elektronik angkatan laut dan pengumpulan intelijen generasi baru.

Keluarga Gaoxin-8 merupakan bagian dari Proyek Gaoxin, yang dibangun berdasarkan platform pesawat angkut Y-8 dan Y-9.

Gaoxin-8 juga dilengkapi dengan teknologi elektronik dan pengintaian canggih untuk berbagai misi termasuk penanggulangan elektronik, patroli maritim, dan peperangan antikapal selam.

Pesawat ini memainkan peran penting dalam pengintaian elektronik angkatan laut jarak jauh, serupa fungsinya dengan EP-3 Amerika Serikat, dengan mendeteksi, mencegat, dan menganalisis sinyal elektronik untuk intelijen taktis.

Meskipun pesawat perang elektronik seperti Gaoxin-8 jarang dipublikasikan, anggota keluarga lainnya seperti pesawat antikapal selam Gaoxin-6 (KQ-200) dan pesawat peringatan dini Gaoxin-5 dan Gaoxin-9 (KJ-200 dan KJ -500) lebih sering dilaporkan. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *