Swedia akan memberikan paket bantuan militer terbesar kepada Ukraina senilai 689 juta USD

CV90AFP
ROE

PEMERINTAH Swedia telah meluncurkan paket bantuan militer terbesarnya untuk Ukraina, senilai 7,1 miliar kronor Swedia (680 juta USD). Menteri Pertahanan Swedia Paul Jonson dalam wawancara dengan media menyatakan bahwa ini adalah bantuan kemanusian dan integritas bagi rakyat Ukraina.

“Pada intinya, ini adalah tentang kemanusiaan dan integritas,” ujar Jonson.

Boeing_contoh2

Ia menambahkan bahwa bantuan ini untuk melindungi nilai-nilai dan kepentingan rakyat dan negara Swedia.

Satu miliar kronor akan dialokasikan untuk pengadaan kendaraan militer, senjata, kapal serbu, dan peralatan melalui berbagai dana. Sementara miliar lainnya akan digunakan untuk pemesanan Kendaraan Tempur 90 (CV90) baru untuk Ukraina.

Kemudian 400 juta kronor Swedia akan diarahkan ke berbagai inisiatif pendidikan bagi warga Ukraina.

Jonson memastikan, paket dukungan baru ini telah dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan Ukraina.

Bersama dengan paket dukungan sebelumnya yang telah dikirimkan Stockholm, Swedia telah memberikan total lebih dari 30 miliar kronor Swedia ke Ukraina.

Laman pemerintah Swedia menjabarkan, bantuan militer yang diberikan ke Ukraina antara lain mencakup senjata dan peralatan seperti senjata artileri (Archer), tank tempur utama (Leopard 2), peluncur granat (Carl Gustaf) dengan amunisi, peluncur granat antitank (AT4), peluru kendali antitank 57 (NLAW) , senapan otomatis, peralatan ranjau dan kendaraan tempur 90 (CV 90),

Kemudian helm, amunisi canggih, rudal antikapal 17, sistem antitank, kendaraan penumpang off-road, perlengkapan musim dingin, pemandangan, rompi antipeluru, tenda, jaring kamuflase, dan sistem pertahanan udara.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *