IEMZ Dome pamerkan model sistem pertahanan udara Tor terbaru dan sistem pertahanan udara lainnya di World Defense Show 2024

Sistem pertahanan udara Tor dari KupolLivejournal

DI AJANG World Defense Show (WDS) 2024 yang dilaksanakan di Riyadh, Arab Saudi pada 4-8 Februari, Rusia hadir dengan beragam produk pertahanan dari sejumlah industri pertahanannya. Salah satunya adalah produk-produk dari Pabrik Elektromekanis Izhevsk Kupol turut dipresentasikan.

Produk Kupol, khususnya, diwakili oleh rangkaian sistem pertahanan udara keluarga Tor, yakni Tor-M2E beroda rantai, Tor-M2K beroda ban, dan Tor-M2KM stasioner serta bergerak.

Ssistem pertahanan udara jarak pendek keluarga Tor menarik minat para ahli militer dan senjata dengan karakteristik uniknya, yaitu mobilitas tinggi, efisiensi, kemudahan pengoperasian, dan efektivitas biaya. Kompleks tersebut dapat digunakan untuk mencakup objek dan infrastruktur strategis, misalnya di kawasan produksi minyak.

Menurut produsennya, tujuan utama sistem pertahanan udara jarak pendek keluarga Tor adalah pertahanan udara pasukan dan terutama fasilitas penting dari senjata serangan udara musuh yang ada dan di masa depan yang mampu menembus eselon pertama pertahanan udara.

Tor mampu secara efektif melawan pesawat taktis, helikopter, UAV, rudal anti-radar, peluru MLRS, dan rudal jelajah yang terbang rendah di medan perang sepanjang waktu di zona paling berbahaya pada jarak 1 hingga 15 km dan pada ketinggian hingga 12 km. Tingkat pengembangan basis radio-elektronik kompleks memungkinkan pekerjaan tempur dilakukan saat bergerak dengan kecepatan hingga 45 km/jam.

Perlu dicatat bahwa dalam acara tersebut, untuk pertama kalinya, versi ekspor kendaraan tempur penembak antipesawat Typhoon-PVO(E) MANPADS, yang dikembangkan oleh pabrik Kupol menggunakan sumber dayanya sendiri, juga didemonstrasikan untuk pertama kalinya. atas permintaan Direktorat Angkatan Pertahanan Udara Angkatan Darat bekerja sama dengan perusahaan pertahanan Rusia lainnya, merujuk laporan livejournal.

Typhoon-Air Defense (E) adalah kendaraan tempur yang dibuat berdasarkan kendaraan lapis baja KAMAZ-4386, yang desainnya memberikan perlindungan langsung secara real-time untuk unit dari serangan udara saat bergerak dan dalam semua jenis pertempuran.

Kendaraan tempur ini dilengkapi dengan stasiun radio Aqueduct, navigasi Azimuth, dan dudukan senapan mesin Kord. Awak Typhoon terdiri dari lima orang: seorang pemimpin regu, dua penembak antipesawat, seorang penembak mesin, dan seorang pengemudi listrik.

Persenjataan kendaraan tempur mencakup sembilan rudal MANPADS, dan berbagai jenis MANPADS dapat digunakan. Ketika dilengkapi dengan kendaraan tempur MANPADS Verba, dimungkinkan untuk mencegat senjata serangan udara yang terbang dengan kecepatan hingga 420 m/detik, pada jarak 500 hingga 6.000 meter, pada ketinggian hingga 3,2 km.

Sistem pertahanan udara yang dikembangkan dan diproduksi oleh Pabrik Elektromekanis Izhevsk Kupol terus ditingkatkan dengan mempertimbangkan komentar yang muncul selama partisipasi kendaraan dalam operasi tempur nyata.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *