Hadang Embraer C-390, Lockheed Martin menawarkan Super Hercules ke Swedia bersama mitra lokal

C-130J-30 Super HerculesLockheed Martin

RAKSASA kedirgantaraan asal AS Lockheed Martin dan perusahaan Swedia MilDef International AB akan bekerja sama dalam menawarkan C-130J-30 Super Hercules ke Swedia.

Saat ini, Svenska Flygvapnet (SwedAF, Angkatan Udara Swedia) masih mengoperasikan armada yang terdiri dari enam (dari delapan) pesawat angkut Hercules Tp84 (C-130H) yang sudah gaek, di mana Hercules tertua dikirim pada Mei 1969.

Sebelumnya, pada bulan Juni 2022, Swedia melaporkan bahwa mereka akan membeli empat C-130J bekas Aeronautica Militare (ItAF, Angkatan Udara Italia), seperti diwartakan oleh Scramble Magazine. Tetapi potensi kesepakatan ini tidak pernah terwujud.

Sementara itu, pada Oktober 2023 lalu, Menteri Pertahanan Brasil Jose Mucio menyebutkan bahwa Brasil bermaksud menawarkan pesawat angkut jet Embraer KC-390 Millennium ke Swedia.

Mengenai MilDef International AB, perusahaan ini didirikan pada tahun 1997 ini melayani pasar global dengan solusi TI taktis terdepan di dunia.

Tahun ini Swedia akan memutuskan penerus transporter C-130H lamanya, dengan dua kandidat utama Lockheed Martin C-130J-30 Super Hercules dan Embraer C-390 Millennium.

Embraer C-390 telah menjadi kuda hitam, menjadi banyak pilihan negara untuk menggantikan armada Hercules tuanya.

Di daratan Eropa, C-390/KC-390 telah menjadi pilihan Angkatan Udara Portugal, Austria, Republik Ceko, Hungaria, dan Belanda.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *