Prancis membeli lebih banyak helikopter NH90 untuk Pasukan Operasi Khususnya

France NH90A. Pecchi

BADAN PENGADAAN Pertahanan Perancis (DGA) telah menyetujui akuisisi delapan helikopter NH90 TTH tambahan untuk Pasukan Operasi Khusus Perancis. Menyusul keputusan ini, Badan Manajemen Helikopter NATO (NAHEMA) menandatangani kontrak pengadaan dengan NHIndustries, perusahaan patungan dari Airbus Helicopters, Leonardo, dan Fokker. Pesanan dilakukan sebelum akhir tahun 2023.

Akuisisi ini sejalan dengan tujuan Komando Operasi Khusus dan akan memfasilitasi pemindahan helikopter Caracal dari Resimen Helikopter Pasukan Khusus ke-4 (4e RHFS) ke Skuadron Pyrenees 1/67 Angkatan Udara dan Luar Angkasa Prancis (AAE).

Selain itu, NAHEMA dan NHIndustries menandatangani kontrak pengembangan yang diubah untuk NH90 TTH guna memenuhi permintaan Pasukan Operasi Khusus Prancis yang terus meningkat.

Menurut DGA, kedelapan helikopter baru yang diberi nama NH90 SF (Pasukan Khusus) tersebut diharapkan akan dikirim antara tahun 2027 dan 2029. Nilai akuisisi mencapai 305 juta euro. Sebelumnya, pada tahun 2020, Prancis memesan 10 helikopter NH90 TTH untuk Operasi Pasukan Khususnya.

NH90 adalah helikopter serbaguna yang dirancang untuk melakukan berbagai misi, termasuk transportasi taktis hingga 20 orang, angkut muatan hingga 2,5 ton, atau 4 ton dalam satu gendongan, ekstraksi darurat (IMEX).

Heli ini juga dapat digunakan untuk penurunan pasukan terjun payung, pengerahan pasukan. komando, penurunan parasut kargo, misi heliport, operasi pencarian dan penyelamatan serta evakuasi medis dengan kapasitas membawa hingga 12 tandu. Kemudian dapat difungsikan juga sebagai pos komando dengan membawa perlengkapan yang sesuai.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *