Angkatan Udara Qatar menerima dua helikopter NH90 versi NFH

NH90 QatarNHIndustries

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara Emirat Qatar (QEAF) telah menerima dua helikopter NH90 versi NFH pada 31 Maret 2022.

Penyerahan kedua heli dilaksanakan di fasilitas jalur perakitan akhir NH90 milik Leonardo di Tessera, Venesia, Italia.

Hadir dalam penyerahan heli tersebut perwakilan dari QEAF, Leonardo, dan NHI.

Sebelumnya, QEAF telah menerima heli NH90 varian TTH pertama untuk operasi darat dari fasilitas Airbus Helicopters di Marignane di Prancis pada Desember 2021.

Qatar memesan 16 helikopter NH90 TTH untuk operasi darat, 12 NH90 NFH untuk misi angkatan laut, paket layanan dukungan, pemeliharaan dan pelatihan yang komprehensif, dan infrastruktur terkait.

Angkatan Udara Qatar adalah salah satu dari sedikit pengguna akhir NH90 yang mengoperasikan NH90 versi TTH dan NFH untuk berbagai operasi darat dan misi angkatan laut.

Program ini kemungkinan akan diperpanjang di masa mendatang dengan penambahan 6+6 unit dalam campuran varian TTH dan NFH.

Leonardo bertanggung jawab dalam perakitan akhir dan pengiriman 12 helikopter NH90 NFH dari fasilitas Tessera.

Perusahaan juga menyediakan simulator, alat bantu pelatihan dan paket ekstensif layanan dukungan pelatihan dan pemeliharaan untuk kru dan teknisi pemeliharaan.

Leonardo memasok dan mendukung integrasi berbagai avionik serta muatan sensor, termasuk sistem elektro-optik HD LEOSS-T HD, perekam video misi HD, sistem identifikasi otomatis, tautan video taktis, dan HD layar penuh untuk konsol kabin.

Sementara untuk pengiriman 16 NH90 TTH dilaksanakan oleh Airbus Helicopters hingga 2025.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *