Laksanakan misi NATO, Belanda tempatkan 4 F-35A di Bulgaria

F-35A Angkatan Udara BelandaDutch MoD

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara Kerajaan Belanda (RNLAF) telah menempatkan empat pesawat tempur generasi kelima F-35A di Bulgaria.

Pengiriman pesawat dalam rangka melaksanakan tugas NATO, yaitu misi pemolisian udara.

Keempat pesawat mendarat di Pangkalan Udara Graf Ignatievo, Bulgaria pada 6 April 2022 setelah lepas landas dari pangkalan udara Leeuwarden di Belanda sehari sebelumnya.

Pangkalan Graf Ignatievo terletak sekitar 130 km sebelah tenggara ibu kota Sofia.

Kementerian Pertahanan Belanda mengatakan, setiap harinya dua pesawat akan digunakan untuk melaksanakan pemantauan udara aliansi di sisi timur. Sementara dua lainnya disiapkan sebagai cadangan.

Pesawat F-35A ditempatkan di bawah komando Panglima Tertinggi Sekutu Eropa (Saceur).

Melalui pengiriman F-35A buatan Lockheed Martin ini, Belanda tercatat sebagai anggota NATO pertama yang menggunakan jet tempur generasi ke-5 untuk misi kepolisian udara di Eropa tenggara.

Sebelumnya, Angkatan Udara Inggris (RAF) telah mengerahkan jet tempur generasi kelima F-35B untuk misi serupa di Estonia dan Lithuania.

Belanda mengerahkan jet tempur terbarunya di wilayah Laut Hitam menyusul invasi Rusia ke Ukraina.

Pengerahan tahun ini menandai pertama kalinya Belanda menggunakan pesawat tempur secara operasional setelah menyatakan kemampuan operasional awal untuk pesawat pada bulan Desember tahun lalu.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *