Perkuat pertahanan, Taiwan siagakan rudal antikapal Hsiung Feng III

Hsiung Feng IIIIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Laut Taiwan (RoCN) telah menyiagakan rudal antikapal supersonik Hsiung Feng III (Brave Wind III) di fasilitas angkatan laut yang baru dibangun di pusat kota Taichung.

Media lokal pada akhir Agustus lalu melaporkan, sejumlah rudal antikapal Hsiung Feng III disiagakan untuk meningkatkan pertahanan pantai.

Rudal tersebut dioperasikan oleh elemen-elemen dari Grup Rudal Antikapal Berbasis Pantai Hai Feng.

Hsiung Feng III merupakan rudal supersonik. Rudal ini dikembangkan dan diproduksi oleh National Chung-Shan Institute of Science and Technology (NCSIST) milik negara.

Rudal dilengkapi hulu ledak fragmentasi penembus lapis baja seberat 120 kg yang mampu mengarahkan sebagian besar energi ledakan ke bawah setelah menembus lambung kapal.

Hsiung Feng III mengadopsi konfigurasi serupa dengan rudal bertenaga ramjet seperti YJ-12/CM-302 buatan China dan 3M80 Moskit serta Kh-31 buatan Rusia.

Dilaporkan, Hsiung Feng III memiliki jangkauan hingga 220 mil laut.

Sebelumnya, NCSIST telah mengembangkan rudal subsonik Hsiung Feng II yang dipersenjatai dengan hulu ledak semi-armor-piercing berdaya ledak tinggi 225 kg.

Varian Hsiung-Feng IIB memiliki fitur sistem pemosisian global ganda/panduan sistem navigasi inersia. Rudal ini mampu melakukan manuver penerbangan terminal yang kompleks.

Kedua rudal tersebut sekarang telah digunakan secara luas di seluruh armada permukaan RoCN, termasuk di fregat kelas Cheng Kung dan Kang Ding serta korvet siluman kelas Tuo Jiang.

NCSIST juga telah mengembangkan Kendaraan Peluncur Rudal mobilen untuk rudal Hsiung-Feng II dan Hsiung-Feng III.

Kendaraan-kendaraan peluncur itu pula yang disinyalir telah ditempatkan di fasilitas RoCN di Taichung.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *