Tampil dengan mengusung turret baru berkanon 120 mm, Otokar Tulpar sang pesaing Tank Harimau tampil perdana di WDS 2024 Arab Saudi

TulparIstimewa

PERUSAHAAN pertahanan Turkiye, Otokar, telah meluncurkan tank ringan (LT) Tulpar dengan mengusung turret baru Leonardo Hitfact Mk2 Italia dengan kanon kaliber 120 mm. Peluncuran perdana tank ini dilaksanakan di pameran pertahanan World Defense Show (WDS) 2024 yang tengah berlangsung di Riyadh, Arab Saudi.

Seperti diketahui, sebelumnya tank pesaing Pindad/FNSS Kaplan MT (Harimau) ini mengusung turret 3105 HP berkanon 105 mm buatan CMI Cockerill dari Belgia, yang diperkenalkan pada 2018.

Dengan menggunakan kanon baru berkekuatan tinggi kaliber 120 mm ini, daya tembak Tulpar semakin mematikan bahkan untuk menghadapi tank tempur kelas berat sekalipun.

Turret Hitfact Mk2 ini buatan Leonardo Italia ini, mewakili terobosan dalam keluarga Hitfact. Tak hanya digunakan pada tank, Hitfact juga terkenal sebagai turret kaliber besar pertama yang disesuaikan untuk panser 8X8.

Turret modular dan ringan ini mendukung berbagai persenjataan, termasuk kanon 105/52 mm dan kanon smoothbore 120/45 mm, dengan persenjataan sekunder seperti meriam 7,62 mm yang dipasang secara koaksial.

Tergolong sebagai tank ringan/medium, Tulpar memiliki bobot yang tidak terlalu berat, kisaran 32-40 ton, menjadikannya cocok untuk beroperasi di berbagai medan baik perkotaan, hutan, maupun gurun.

Sebagai penggeraknya mengadopsi mesin diesel DSI V8 bertenaga 810 hp buatan Scania, Swedia yang disandingkan dengan transmisi otomatis SAPA SG-850. Jangkauannya mencapai 600 km dengan laju kecepatan maksimum hingga 70 km/jam.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *