Terobosan baru, tentara Rusia mendapatkan Strelok: Pelindung tubuh yang mampu menahan peluru dan pecahan munisi berkecepatan hingga 630 m/detik

Strelok_ Airspace ReviewKalashnikov
ROE

STRELOK adalah sistem pelindung tubuh canggih yang memberikan pertahanan efektif terhadap peluru dan pecahan-pecahan munisi. Perlengkapan tentara ini kini dikabarkan mulai melengkapi 25.000 anggota militer Rusia.

Alat pelindung diri ini berasal dari pabrikan Rusia, Triada-TKO LLC, cabang dari perusahaan pertahanan Kalashnikov yang terkemuka.

Sebelumnya, Presiden Kalashnikov, Alan Lushnikov, dengan bangga mengungkapkan pada awal Desember 2023 lalu bahwa SSO (Pasukan Operasi Khusus) telah berhasil menyelesaikan tahap pengujian Strelok. Keberhasilan ini membuka jalan bagi produksi massal sistem Strelok tersebut.

Menjadi pertanyaan, apa kegunaan sistem Strelok tersebut dan apa kelebihan yang ditawarkannya?

Set peralatan tempur (CBS/combat equipment set) Strelok mencakup pelindung tubuh “Corset Plus” perlindungan level 5 dengan sistem distribusi berat, modul perlindungan tambahan, dan satu set kantong (ransel) dalam konfigurasi 39 kg.

Alat pelindung ini, seperti dijelaskan oleh produsennya, melindungi sekitar 70 persen tubuh pemakainya. Corset Plus terdiri dari pelat dengan detail pelindung samping, selangkangan, dan pelindung bahu.

Triad-TKO menyebutkan Strelok mampu melindungi dari pecahan benda tak dikenal yang bergerak cepat dengan kecepatan hingga 630 m/detik. Sistem ini juga tahan terhadap peluru hingga kaliber 7,62x54R mm.

Seperti umumnya rompi antipeluru, sistem Strelok memiliki fitur rilis cepat untuk melepas rompi dengan cepat jika terjadi keadaan darurat.

Pasukan Rusia yang bertempur di Ukraina saat ini mungkin telah dilengkapi sistem rompi canggih ini, untuk meningkatkan keselamatannya di medan perang.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *