Tiga KRI buatan dalam negeri hadir di LIMA 2023 Malaysia

KRI Kerambit 627 - KRI Halasan 630 - KRI Golok 688 _ Airspace ReviewIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – TNI Angkatan Laut mengirimkan tiga kapal perangnya (KRI) dari jajaran Komando Armada (Koarmada) RI untuk mengikuti pameran Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) 2023 di Langkawi, Malaysia pada 23-27 Mei ini.

Ketiga KRI yang dikirimkan tersebut adalah KRI Kerambit-627 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Priyanto Widodo, KRI Halasan-630 yang dikomandani Letkol Laut (P) Irwin Kurniady, dan KRI Golok-688 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Putu Agus Hariyanto.

Kehadiran ketiga KRI di LIMA 2023, tulis Koarmada I, adalah untuk mempererat hubungan bilateral dengan Malaysia, sekaligus menjalin hubungan multilateral dengan negara-negara peserta yang hadir.

Ketiga KRI akan ikut serta dalam berbagai kegiatan seperti fleet review. Juga akan ditampilkan demo Visit Board Search and Seizure (VBSS) oleh Kopaska dan farewell pass dengan seluruh angkatan laut negara lain.

Bertindak selaku Dansatgas LIMA 2023 adalah Komandan KRI Kerambit-627 Letkol Laut (P) Priyanto Widodo.

Ia mengatakan, kegiatan LIMA 2023 merupakan salah satu bentuk kegiatan Show of Force dan Gun Boat Diplomacy.

Terlebih, ujarnya, ketiga kapal yang ditampilkan dalam pameran ini adalah buatan dalam negeri, yaitu PT PAL Indonesia dam PT Lundin.

“Dengan menampilkan alat utama sistem senjata yang mampu diproduksi di dalam negeri, diharapkan dapat memberikan deterrent effect terhadap niatan bermusuhan maupun ancaman dari negara lain,” ujarnya.

-KMZ-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *