Slowakia akan mengirimkan tank dan jet tempur MiG-29 ke Ukraina

MiG-29 SlowakiaWikipedia
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Slowakia berencana akan mengirimkan tank dan pesawat tempur MiG-29 ke Ukraina.

Sementara Republik Ceko akan memberikan bantuan kepada Slowakia untuk melaksanakan patroli udara di wilayah negara itu sampai Slowakia menerima F-16 Viper dari Amerika Serikat.

Boeing_contoh2

Perdana Menteri Slovakia Eduard Heger dan Perdana Menteri Republik Ceko Petr Fiala menyampaikan pernyataannya dalam siaran langsung di saluran CT24 Republik Ceko pada hari Minggu, seperti diberitakan Ukrinform.

Heger mengatakan, Slowakia akan mentransfer MiG-29 ke Ukraina dan juga kemungkinan mengirimkan tank.

“Tapi saya tidak mau menjelaskan secara detail, karena Ukraina juga meminta kami untuk tidak merinci informasi tentang peralatan ini,” ujar Heger.

Perdana Menteri Slowakia menyatakan bahwa Bratislava pada bulan Juni lalu telah meminta Praha untuk melindungi wilayah udara negaranya sampai menerima jet tempur F-16 yang pengirimannya tertunda.

Heger menandaskan, Republik Ceko akan membutuhkan dukungan militer dari rekan-rekan Ceko sepanjang tahun.

Sebaliknya Fiala, menekankan bahwa negaranya akan memberikan bantuan semacam itu kepada Slovakia. Pesawat-pesawat Ceko akan berpatroli di wilayah udara Slovakia mulai September mendatang.

“Kami akan membantu Slowakia sampai memiliki pesawat baru,” kata Fiala.

Dia menekankan bahwa Barat harus memberikan senjata ke Ukraina sehingga dapat memperjuangkan kemerdekaannya dan keamanan Eropa.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *