Ini dia, penampakan detail terbaru pembom siluman B-21 Raider

B-21 RaiderUSAF
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pembom siluman terbaru Amerika Serikat, Northrop Grumman B-21, telah membuat debut publiknya pada 2 Desember 2022, setelah bertahun-tahun pengembangannya dilakukan secara rahasia.

Saat diluncurkan pada malam hari, gambar dan video tampilan pembom yang dijuluki Raider ini hanya diperlihatkan dari tampak depan, menjadikan sosoknya tak terlihat utuh.

Boeing_contoh2

Namun kini, Angkatan Udara AS (USAF) merilis gambar-gambar terbaru, yang memperlihatkan sosok B-21 dari tampak depan atas secara utuh, dan foto bagian-bagian detail pesawat.

Meskipun telah diluncurkan pada Desember tahun lalu, penerbangan perdana B-21 baru akan dilaksanakan pada akhir 2023 ini.

Northrop Grumman membangun sebanyak enam prototipe B-21, yang akan digunakan untuk uji coba secara berkelanjutan hingga pesawat siap untuk masuk jalur produksi.

B-21 dicanangkan untuk menggantikan armada pembom strategis B-1 Lancer dan B-2 Spirit mulai tahun 2030-an.

Pembom baru ini lebih dapat bertahan dan dapat menghadapi ancaman yang jauh lebih sulit ini dibandingkan pendahulunya, bahkan disebut-sebut lebih siluman (stealth) dibandingkan dengan B-2.

USAF berencana untuk mendapatkan 100 unit B-21. Pembom ini dapat membawa senjata nuklir atau bom konvensional, serta dapat dioperaikan dengan pilot atau tanpa awak.

-RBS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *