Menjadi jet tempur pilihan banyak negara Eropa, setelah 40 unit F-35 untuk Yunani, AS menjual 24 unit lainnya ke Ceko

F-35AUSAF
ROE

MEMASUKI tahun 2024 perusahaan pertahanan kenamaan asal Amerika Serikat, Lockheed Martin, kebanjiran pesanan pesawat tempur canggih buatannya. Setelah resmi mendapatkan kontrak penjualan 40 jet tempur F-16V Block 70 ke Turkiye, Lockheed Martin juga akan 40 jet F-35A ke Yunani.

Masih di bulan Januari, tepatnya tanggal 29, Pemerintah Republik Ceko menandatangani Surat Penawaran dan Penerimaan (LOA) yang meresmikan niatnya untuk membeli 24 pesawat tempur generasi kelima F-35A Lightning II.

Boeing_contoh2

Melalui Penjualan Militer Asing (FMS), Angkatan Udara Ceko akan menerima pesawat pertamanya pada 2031 dan tuntas tahun 2035. Pesawat yang akan diterima adalah versi Block 4 canggih terbaru.

“Kami senang pemerintah Republik Ceko kini secara resmi menjadi bagian dari program F-35 Lightning II yang tercatat,” kata Letjen Angkatan Udara AS Mike Schmidt, pejabat eksekutif program, Kantor Program Gabungan F-35, tulis Lockheed Martin di situs resminya.

Dengan ditandatanganinya Surat Penawaran dan Penerimaan antara Republik Ceko dan pemerintah AS, Republik Ceko menjadi negara ke-18 yang bergabung dalam program F-35 global.

Selain pesawat, pengadaan tersebut juga mencakup pelatihan personel, layanan dan dukungan logistik, serta pengembangan layanan dukungan lainnya.

Jet siluman F-35 telah menjadi pesawat tempur modern pilihan banyak negara Eropa untuk menggantikan armada tempur lama mereka.

Lockheed Martin menyebutkan, pada tahun 2030-an, lebih dari 600 F-35 akan beroperasi bersama di 10 negara Eropa.

Boeing

Saat ini, Angkatan Udara Ceko sendiri sedang mengoperasikan 14 pesawat Saab Gripen yang disewa dari Swedia, sembari menunggu kehadiran F-35A pertamanya pada 2031.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *