Batalyon Mekanik ke-71 Ceko terima ranpur Nexter Titus MRAV dari Prancis

Titus MRAVPraisethesteph
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Batalyon Mekanik ke-71 Ceko telah menerima gelombang pertama empat Kendaraan Lapis Baja Multi-Peran (MRAV/Multi-Role Armored Vehicle) Titus buatan perusahaan pertahanan Nexter, Prancis.

Pengiriman tersebut mencakup tiga kendaraan versi KOVS (komunikasi), yang akan menggantikan peran BVP-1 R5, dan satu versi KOVVÅ  (Komando dan Staf) untuk menggantikan MPP-40, seperti diungkapkan oleh akun Twitter Praisethesteph pada 25 Agustus.

Airbus_contoh2

Disebutkan, para kru yang ditunjuk untuk kendaraan baru ini akan menjalani pelatihan dan kursus komprehensif untuk memastikan bahwa personel memahami dengan baik fitur-fitur Titus MRAV.

Batalyon Mekanis ke-71 juga telah mengumumkan bahwa mereka akan mengerahkan Titus MRAV ini untuk misi NATO di Slovakia pada pergantian tahun.

Diketahui, Republik Ceko memimpin misi ini, dan penambahan Titus MRAV diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pasukan yang terlibat.

Titus MRAV dirancang dengan perlindungan modular. Memiliki tingkat perlindungan balistik STANAG level 2 untuk kompartemen belakang dan jendela, dan level 1 untuk kompartemen mesin.

Kendaraan juga terlindung dari ranjau level 2A/2B dan ledakan IED hingga 50 kg. Perlindungan dapat diperluas ke tingkat yang lebih tinggi, termasuk perlindungan terhadap RPG dan ledakan IED hingga 150 kg.

Sebagai tenaga penggeraknya, Titus MRAV ditenagai mesin diesel berdaya 500 hp. Dapat mencapai kecepatan maksimum 110 km/jam dan memiliki jangkauan operasi 700 km.

Untuk spesifikasinya, Titus MRAV memiliki panjang 7,72 m, lebar 2,55 m, dan tinggi 2,73 m. Bobotnya berkisar antara 17 ton saat kosong hingga 27 ton saat beban tempur penuh.

Lambung kendaraan dapat menampung hingga 14 orang prajurit, termasuk pengemudi dan komandannya.

Sebagai peralatan tempur, Titus MRAV dipasangi Stasiun Senjata Kendali Jarak Jauh (RCWS) dengan pilihan senapan mesin 7,62 mm hingga kanon 20 mm atau pelontar granat otomatis 40 mm.

Modul tambahan juga dapat disesuaikan untuk berbagai misi, termasuk kendaraan pengintai, pos komando, ambulans, dan pengusung mortir 120 mm yang dapat digerakkan sendiri.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *