Dengan sistem radar ECRS Mark 2, Typhoon dapat mengidentifikasi target udara dan target darat secara bersamaan

Eurofighter TyphoonBAE Systems

JET TEMPUR Eurofighter Typhoon akan menerima prototipe sistem radar ECRS (European Common Radar System) Mk 2 multifungsi mutakhir hasil kerja sama Leonardo dari Italia dan BAE Systems dari Inggris. Radar ini akan diintegrasikan pada pesawat uji Typhoon milik Angkatan Udara Inggris (RAF) sebelum pengujian dalam penerbangan pesawat.

Pengintegrasian radar ECRS Mark 2 merupakan bagian dari investasi sebesar £2,35 miliar (2,98 miliar USD) untuk meningkatkan kemampuan Typhoon.

Sistem radar ECRS Mark 2 memungkinkan Typhoon untuk secara bersamaan mendeteksi, mengidentifikasi, dan melacak beberapa target udara dan darat sekaligus dalam tugas peperangan elektronik.

RAF dan Kementerian Pertahanan Inggris pada Juli 2022 mengumumkan akan mengintegrasikan ECRS Mk2 pada jet Typhoon dan memberikan kontrak kepada Leonardo serta BAE sebesar £317 juta.

Sistem radar canggih ECRS Mark 2 dilengkapi dengan array multifungsi telah menjalani pengujian berbasis darat oleh BAE Systems sebelum diintegrasikan ke pesawat uji Typhoon.

Dengan pengintegrasian radar terbaru ini diharapkan Typhoon akan memperkuat perannya sebagai pesawat terdepan dalam pertahanan udara tempur di masa depan, kata perusahaan.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *