Setelah dua setengah tahun diluncurkan, senapan mesin teringan di dunia FN EVOLYS akan masuk layanan militer Belgia dan Prancis

FN EvolysFN Herstal
ROE

SENAPAN MESIN ultralight EVOLYS buatan produsen senjata Belgia FN Herstal dalam waktu dekat dikabarkan akan masuk layanan resmi militer Belgia dan Prancis.

Senapan mesin individu ini pertama kali diperkenalkan ke publik pada pameran Peralatan Pertahanan dan Keamanan Internasional di London pada September 2021.

Airbus_contoh2

Selanjutnya pada kuartal pertama tahun 2023, Kementerian Pertahanan Belgia dilaporkan telah membeli 20 pucuk EVOLYS untuk pengujian.

Keberadaan EVOLYS tidak dimaksudkan untuk menggantikan senapan mesin ringan Minimi yang digunakan tentara Belgia, melainkan untuk melengkapinya.

Setelah Belgia, militer Prancis menyusul akan mengakuisisi EVOLYS dan Inggris diharapkan sebagai pengguna berikutnya.

Mengenai EVOLYS, merupakan penggabungan kemampuan menembak senapan mesin dengan ergonomi dan keseimbangan yang mirip dengan senapan serbu.

Senapan terdiri dari dua varian, dengan munisi kaliber 5,56 mm dan munisi kaliber 7,62 mm. Dengan asupan peluru model sabuk dan boks seperti pada FN Minimi.

Sebagai senapan mesin ultra ringan, EVOLYS versi 5,56 mm bobotnya hanya 5,5 kg, sementara versi 7,62 mm berbobot 6,2 kg. Fakta ini menjadikan EVOLYS sebagai senapan mesin teringan di dunia.

EVOLYS juga memiliki desain yang terbilang kompak, panjangnya sekitar 85 cm pada versi 5,56 mm dan 92 cm pada kaliber 7.62 mm (retracted buttstock).

Senapan dilengkapi dengan buttstock yang dapat disesuaikan panjang dan tingginya, mirip dengan senapan serbu FN SCAR.

EVOLYS dilengkapi dengan pemilihan pengaturan tembakan semi-otomatis dan posisi otomatis penuh. Memiliki laju tembakan sekitar 750 putaran per menit.

Jangkauan tembak efektifnya hingga jarak 800 m dalam versi 5,56 mm dan jarak 1.000 m dalam konfigurasi 7,62 mm.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *