Sudah memiliki 31 unit, Angkatan Pertahanan Finlandia tambah 13 kendaraan lapis baja Sisu GTP 4X4 buatan dalam negeri

Sisu GTP 4X4Sisu Auto Ab

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Menteri Pertahanan Finlandia Antti Häkkänen, pada 27 Desember 2023, menyetujui permintaan Angkatan Pertahanan Finlandia untuk membeli 13 kendaraan lapis baja Sisu GTP 4X4 dengan perkiraan biaya sekitar 9,7 juta euro.

Akuisisi ini dilaksanakan setelah Angkatan Pertahanan Finlandia sebelumnya membeli 31 kendaraan Sisu GTP 4X4, yaitu enam unit tahun 2020 untuk uji coba dan 25 versi produksi pada tahun 2022.

Keputusan untuk mengakuisisi kendaraan tersebut didasarkan pada strategi untuk meningkatkan mobilitas pasukan darat dan meningkatkan keamanan pasokan militer dengan berinvestasi pada kendaraan yang diproduksi di dalam negeri.

Mengenai Sisu GTP, merupakan kendaraan lapis baja serbaguna yang dirancang dan diproduksi oleh perusahaan Finlandia Sisu Auto Ab.

Pengembangannya didasarkan pada sasis truk medium Mercedes Benz Unimog dengan sistem suspensi independen dan kunci diferensial di setiap roda.

Sisu GTP mengadopsi desain modular, sehingga memungkinkan dikembangkan dalam banyak varian untuk penggunaan operasional yang berbeda.

Platform dasarnya tersedia untuk versi lima awak dan 10 awak.

Kendaraan berpenggerak 4X4 ini memiliki bobot kisaran 14-15 ton. Panjangnya 6,00 m, lebar 2,50 m, dan tinggi 2,55 m.

Sisu GTP didukung oleh mesin diesel OM926 berdaya 308 hp. Kendaraan dapat melaju maksimum hingga 110 km/jam dengan daya jelajah maksimal 700 km.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *