SISU Perkenalkan Rantis GTP 4X4 Versi Baru

AIRSPACE REVIEW (angkasareview.com) – SISU Auto dari Finlandia melalui anak perusahaannya SISU Defense memperkenalkan kendaraan taktis (rantis) GTP 4X4 dengan penampilan dan fitur baru pada 15 November 2019.

Secara keluruhan eksterior GTP baru berbeda dengan versi awal yang diperkenalkan pertama pada ajang Auto 2018 di Kipsala-Riga, Latvia, 6-18 April 2018 lalu.

Pabrik truk ini memang sedang mengikuti kompetisi pengadaan ranpur jenis MRAP (Mine-Resistant Ambush Protected) untuk Garda Nasional Latvia (LRZ).

Dalam kompetisi yang belum diputudskan pemenangnya tersebut, GTP bersaing dengan tujuh kontestan lainnya. Di antaranya adalah Paramount Marauder asal Arika Selatan dan Oshkosh L-ATV dari Amerika Serikat.

Sisu GTP
SISU Auto

Mengenai spesifikasinya, dilansir dari laman MilMag, GTP baru dibekali mesin diesel Mercedes-Benz OM926 berdaya 330 hp menggantikan mesin lama buatan Cummins. GTP baru tetap mempertahankan transmisi otomatis enam percepatan buatan Allison.

Varian dasar GTP (double cabin) dapat menampung 4-5 awak, sedangkan versi wagon dapat menampung 10 prajurit termasuk pengemudi. Muatan bawaannya mencapai 5.000 kg.

Secara dimensi GTP terbilang kompak dengan panjang 6 m, lebar 2,5 m, dan tinggi 2,5. Artinya, GTP mudah dipindahkan lewat udara minimal dengan pesawat angkut sekelas C-130 Hercules.

Sisu GTP versi lama
SISU Auto GTP versi lama

Untuk persenjataan beladiri, GTP bisa dilengkapi senjata berupa senapan mesin kaliber 7,62 mm atau 12,7 mm. Baik dioperasikan secara manual maupun dikendalikan dari jauh (RCWS).

Meskipun GTP telah diminati negara lain, Militer Finlandia sendiri lebih tertarik untuk mengadopsi varian SISU 6X6 PMPV (Protected MultiPurpose Vehicle), kendaraan tempur berbobot 24 ton dan berawak 12 orang.

Sisu PMPV
SISU Auto PMPV

Rencananya SISU PMPV akan menggantikan panser Pasi 6X6 yang juga dibuat oleh SISU.

Sedikitnya empat unit kendaraan ini telah dibuat dan telah dievalusai oleh Militer Finlandia. Rencananya PMPV akan masuk jalur produksi tahun depan.

Rangga Baswara Sawiyya

editor: ron raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *