AS kirim paket bantuan militer terbaru untuk Ukraina termasuk rudal pertahanan udara canggih NASAMS

NASAMSUS DoD
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Departemen Pertahanan AS (US DoD) pada 27 Desember 2023 menyatakan bahwa AS akan mengirimkan paket bantuan militer terbaru untuk Ukraina senilai 250 juta dolar USD.

Komponen utama dari bantuan kali ini mencakup amunisi tambahan untuk sistem rudal NASAMS, rudal antipesawat Stinger, dan amunisi HIMARS.

Boeing_contoh2

Paket ini juga menyediakan peluru artileri 155 mm dan 105 mm, rudal antitank TOW dan Javelin, serta amunisi senjata kecil.

Khusus mengenai NASAMS (National Advanced Surface to Air Missile System) adalah sistem rudal pertahanan udara canggih yang dikembangkan oleh perusahaan Norwegia Kongsberg Defense & Aerospace (KDA) bekerja sama dengan Raytheon, Amerika Serikat.

Generasi pertama sistem pertahanan udara berbasis rudal darat udara jarak menengah ini mulai operasional pertama untuk AU Norwegia tahun 1998.

Selanjutnya sistem kembali disempurnakan menjadi NASAMS 2 yang mulai beroperasi tahun 2007, disusul NASAMS 3 yang operasional tahun 2019.

Unit NASAMS standar memiliki desain modular termasuk pos komando yang disebut Pusat Distribusi Tembakan (FDC), radar 3D aktif AN/MPQ64F1 Sentinel, sensor elektro-optik dan infra merah pasif, dan sejumlah peluncur tabung rudal dengan rudal AMRAAM.

Pada NASAMS 1 dan 2, sistem ini dibekali rudal yang dikembangkan berbasis AIM-120 AMRAAM (Advanced Medium Range Air-to-Air Missile) yang diluncurkan dari permukaan.

Sementara pda NASAMS 3 dapat menembakkan rudal jarak pendek berbasis AIM-9X Sidewinder, juga rudal IRIS-T SLS dan rudal jarak jauh AMRAAM-ER.

Rudal AMRAAM standar memiliki jangkauan tembak sejauh 25 km dan 40 km untuk versi jangkauan diperpanjang.

Baterai NASAMS 2 terdiri dari 12 peluncur rudal (LCHR) masing-masing membawa enam rudal AIM-120 AMRAAM, delapan radar Sentinel yang ditingkatkan AN/MPQ-64F1.

Lalu satu pusat kendali kebakaran (CTOC), satu kendaraan kamera elektro-optik (MSP500) dan satu kendaraan Tactical Control Cell (TCC).

Keluarga NASAMS dapat diandalkan untuk melawan kendaraan udara tak berawak UAV/UCAV, helikopter, pesawat terbang, jet tempur, termasuk juga rudal jelajah.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *