Potensi ancaman China akan semakin menguat di tahun depan, AS perkuat sistem pertahanan rudal di Guam

PAC-3U.S. Army
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Para pemimpin di Pentagon mengatakan, potensi ancaman China akan semakin menguat di tahun depan. Tahun 2024 akan menjadi tahun penting bagi Angkatan Darat AS (US Army) untuk meningkatkan pertahanan rudal di sekitar Guam, salah satu pulau paling strategis di kawasan Indo-Pasifik.

Pada tahun tersebut, US Army berencana untuk memiliki kemampuan dasar guna membantu mencegah potensi serangan.

Badan Pertahanan Rudal dan US Army telah mengajukan anggaran gabungan sebesar 1,5 miliar USD pada anggaran tahun fiskal 2024. Hal ini untuk mulai mempersiapkan pulau tersebut dengan memindahkan aset ke lokasi dan mengintegrasikan kemampuan pertahanan, tulis Defense News.

Upaya ini merupakan tantangan bagi US Army, yang terkadang dinilai ‘terabaikan’ oleh para pengambil keputusan di tengah fokusnya pada peningkatan kekuatan udara dan kekuatan laut di kawasan Indo-Pasifik.

Pentagon menunjuk US Army awal tahun ini sebagai pasukan utama yang mengawasi rencana akuisisi dan pelaksanaan untuk menjaga Guam.

Mark Montgomery, pakar pertahanan di Yayasan Pertahanan Demokrasi, mengatakan US Army mencari peran utama ketika angkatan lain merasa enggan.

“Kita sedang membicarakan sesuatu yang perlu disampaikan dengan cukup cepat oleh seorang eksekutif program yang tidak dikenal bisa menyampaikan dengan cukup cepat,” kata Montgomery.

Guam, sebuah pulau berpenduduk hampir 170.000 orang, berada dalam posisi rentan, menurut Brad Bowman, analis keamanan nasional.

“Ada ancaman nyata terhadap Guam, bukan hanya karena (China) mempunyai dendam terhadap pulau tersebut, namun karena ada banyak kekuatan tempur AS di sana yang akan mengalir ke China jika terjadi perang di Selat Taiwan,” katanya kepada Departemen Pertahanan AS.

AS sedang mencoba mengatasi kekhawatiran tersebut. Awal tahun ini, Wakil Direktur Badan Pertahanan Rudal Laksamana Jon Hill mengatakan, gelombang pertahanan pertama akan mencakup radar, peluncur, pencegat, dan sistem komando dan kontrol.

Semuanya dijadwalkan tiba di pulau itu pada tahun 2024, menurut Hill.

US Army meminta 638 juta USD untuk FY24 bagi tiga Sensor Pertahanan Udara dan Rudal Tingkat Bawah, beberapa sistem pertahanan udara Patriot, dan beragam peluncur rudal Kemampuan Jarak Menengah dan peluncur Kemampuan Perlindungan Tembakan Tidak Langsung.

Selain itu, layanan ini berencana untuk menggunakan Sistem Komando Pertempuran Terpadu buatan Northrop Grumman untuk menghubungkan sensor yang tepat ke penembak yang tepat di medan perang.

Selain itu, permintaan pendanaan FY24 dimaksudkan untuk menutupi pemasangan empat radar mobile AN/TPY-6 kelas atas, solid-state, dan mobile di sepanjang pinggiran pulau, yang merupakan sensor baru yang menggunakan teknologi dari Long Range Discrimination Radar di Clear Space Force. Pangkalan, Alaska.

Pada akhir tahun fiskal 2024, Badan Pertahanan Rudal berencana untuk melakukan uji coba pertama sistem pertahanan Guam dengan kemampuan awal yang dibangun di pulau tersebut.

-RNS-

One Reply to “Potensi ancaman China akan semakin menguat di tahun depan, AS perkuat sistem pertahanan rudal di Guam”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *