Rusia menguji coba panser K-16/K-17 Boomerang, siap diterjunkan ke medan laga Ukraina

BoomerangIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Baru-baru ini beredar foto terbaru dari panser baru Rusia VPK-7829 Boomerang dari tempat pengujiannya, sebelum diserahkan ke satuan militer untuk diterjunkan ke medan laga di Ukraina.

“Serangkaian tes sedang berlangsung untuk pengangkut personel lapis baja (APC) K-16 dan kendaraan tempur infanteri (IFV) K-17,” kata seorang pejabat militer kepada media lokal.

Menurut saluran TV Kementerian Pertahanan Rusia, Zvezda, panser berpenggerak 8X8 ini tahan terhadap ledakan ranjau dan bahan peledak improvisasi (IED).

Panser VPK-7829 Boomerang dirancang oleh Military Industrial Company LLC (VPK) dan proses manufaktur dilakukan oleh Pabrik Pembuatan Mesin Arzamas.

Boomerang didapuk sebagai pengganti BTR-80 dan BTR-82A yang tidak jadi digantikan oleh BTR-90 karena biayanya terlalu mahal sedangkan peningkatannya tidak terlalu signifikan.

Kendaraan dioperasikan oleh tiga kru, yaitu seorang komandan, penembak, dan pengemudi, dengan kapasitas untuk membawa delapan prajurit infanteri.

Dalam hal persenjataan, Boomerang dilengkapi dengan turret tak berawak yang dipersenjatai dengan kanon otomatis 2A42 kaliber 30 mm dan senapan mesin PKT koaksial 7,62 mm.

Selain itu, tersedia juga senjata pamungkas lainnya berupa dua peluncur rudal antitank Kornet-D yang dipasang di setiap sisi turret.

Panser berbobot 28,6 ton ini ditenagai mesin diesel Barnaul Trans Mash UTD-32TR berdaya 510 hp. Jangkauan operasionalnya 800 km dengan kecepatan maksimum100 km/jam.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *